Cacar Monyet Hantui Masyarakat, DPRD Kabupaten Bandung Minta Pemkab Ambil Langkah Cegah Penyebaran

JABAR EKSPRES – Cacar monyet atau monkeypox tengah jadi sorotan, pasalnya timbulan kasus telah terdeteksi di Indonesia, termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, timbulan kasus cacar monyet pertama kali terdeteksi di salah seorang pasien, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung usai dirujuk dari pada 24 Oktober 2023 lalu.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Cecep suhendar mengatakan, pemerintah khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes), perlu menyikapi serius kasus cacar monyet dengan antisipasi, agar tak meluas di wilayah Kabupaten Bandung.

“Pemerintah Kabupaten Bandung, terutama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan para direktur rumah sakit serta kepala puskesmas, harus segera melakukan tindakan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Cecep melalui seluler, Rabu, 1 November 2023.

BACA JUGA: Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes KBB Tingkatkan Kewaspadaan

“Kaitan dengan sudah timbulnya kasus di Rumah Sakit Hasan Sadikin, agar bisa dicegah penyebarannya,” lanjutnya.

Diketahui, pasien RSHS yang terpapar cacar monyet itu merupakan warga asli Kota Bandung berjenis kelamin laki-laki dan berusia 36 tahun.

Pasien dinyatakan telah terkonfirmasi positif, berdasarkan hasil dari laboratorium Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso pada 27 Oktober 2023.

Melansir data Kementerian Kesehatan yang sempat diterbitkan, laporan bahwa cacar monyet di Indonesia sudah terdeketsi sebanyak 24 kasus per 29 Oktober 2023.

“Artinya bahwa di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung terutama Dinkes kemudian tiga rumah sakit daerah dan puskesmas, harus segera melakukan antisipasi,” bebernya.

Cecep menyampaikan, antisipasi pencegahan saat ini bisa dilakukan melalui promosi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, tentang gejala-gejala penyakit cacar monyet.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Obrak-abrik 3 Kecamatan di Kabupaten Bandung, Badai Hidrometeorologi Perlu Jadi Perhatian

Diketahui, cacar monyet ini merupakan virus yang ditularkan melalui binatang atau zoonosis, seperti dari hewan monyet, tikus, gambia, dan tupai. Penularannya terjadi ketika terdapat kontak langsung dengan hewan-hewan yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Selain kontak langsung, potensi tertular pun bisa juga melalui konsumsi daging hewan liar, yang terkontaminasi dan cacar monyet juga bisa menular dari manusia yang sudah terkonfirmasi positif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan