Dianggap Lecehkan Proklamasi, Syakir Daulay Kena Somasi

JABAR EKSPRES – Aktor sekaligus sutradara muda Syakir Daulay kena somasi dari Ikatan Alumni Universitas Bung Karno (UBK) lantaran unggahannya di akun Instagramnya @syakirdaulay dianggap melecehkan proklamasi.

Dalam unggahannya yang diupload pada pada 28 Agustus 2023 lalu, Syakir berdandan ala Mantan Presidesn RI Pertama Ir Soekarno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Syakir meniru gaya Soekarno yang mengenakan baju safari warna putih serta peci warna hitam, lengkap dengan mic berdiri dan selembar kertas yang dibacanya.

Namun yang membuat perbedaan adalah isi teks proklamasi yang dibacakannya tidak sama dengan Aslinya. Melainkan berisi promosi film terbarunya yang berjudul Imam tanpa Makmum.

Baca juga : VIRAL ! Dituding Durhaka Akhirnya Syakir Daulay Temui Kedua Orang Tuanya

Saat membacakannya, intonasi yang digunakan Syakir juga meniru Soekarno, Bahkan beberapa kata pembukaan di tiap alenianya juga menggunakan kalimat yang ada di teks Proklamasi asli. Namun isi dan maknanya sangat berbeda.

Hal ini yang membuat Ikatan Alumni UBK menganggapnya sebagai pelecehan. Untuk mensomasi Syakir Daulay, Ikatan Alumni UBK juga menggandeng Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasihat Hukum Islam.

“Kami Alumni mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), bersama beberapa Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat hukum Islam Indonesia (PPIPHI), akan somasi terbuka saudara Syakir Daulay” ujar Ketua Jaringan Alumni mahasiswa UBK, Arifin Zainal.

Baca juga : Apa Itu Somasi? Heboh Es Teh Indonesia Somasi Konsumen

Bukan hanya mensomasi, mereka bahkan bertekad akan melaporkan Syakir Daulay ke polisi agar mendapatkan tegas atas pelecehan tersebut.

Berikut isi teks proklamasi yang di bacakan Syakir Daulay yang dianggap melecehkan teks Proklamasi Asli.

Kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia.

Hal hal mengenai film percintaan dan perhororan membuat kami semakin kesepian, karena tidak ada yang mau diajak jalan.

Maka dari itu, kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, akan merilis film yang berperi kejombloan.

Hal hal mengenai judul film, penayangan dan lain lain akan kami nyatakeun dalam tempo yang se-singkat singkatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan