Ratusan PJU Tenaga Surya Terpasang di Bandung Barat dan KBB

BANDUNG BARAT – Ratusan Penerang Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya mulai dipasang di sejumlah titik di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari mengatakan, realisasi PJU itu merupakan bentuk kemitraan dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kami menjadikan program ini kerjasama kemitraan sehingga informasi tentang program ini saya sampaikan pada masyarakat di Kabupaten Bandung dan KBB,” ujar Diah saat ditemui Jabar Ekspres di Desa Tugumukti, KBB, Jumat 3 Maret 2023.

Diah menjelaskan, masyarakat desa di dua kabupaten tersebut bisa mengajukan permohonan untuk pemasangan PJU Tenaga Surya itu.

“Alhamdulillah total pada tahun 2022 itu ada 300 titik tersebar di Kabupaten Bandung dan KBB, hari ini (kemarin, red) secara simbolis dilakukan peresmian di Desa Tugumukti. Kalau eggak salah ada 8 titik,” sebutnya.

Diah juga menyebutkan, sejauh ini permohonan masyarakat mengenai PJU itu baik di Kabupaten Bandung serta KBB masih cukup tinggi.

“Kondisi Kabupaten Bandung dan KBB di perkampungan banyak seperti pertanian dan lain-lain sehingga banyak jalan desa yang masih sangat gelap,” tuturnya.

Ia menyebut, tidak sedikit PJU tersebut juga dipasang di sarana umum seperti masjid dan lain-lain. Hal tersebut juga memberikan dampak yang positif kepada masyarakat.

“Karena sekitar masjid itu sangat gelap begitu dikasih PJU ini, Alhamdulillah anak-anak jadi bersemangat dan seneng dateng ke masjid,” terangnya.

“Karena sudah terang tidak takut datang ke masjid magrib isya subuh juga bersemangat. Ya mudah-mudahan ini juga cocok menjelang Ramadan masjidnya juga terang ya seperti itu,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Komisi VII DPRRI terus mendorong supaya program tersebut dapat terealisasi dan bertambah baik dari sisi anggaran karena manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Kami di komisi VII DPR RI mendorong agar program seperti ini terus dijaga keberlangsungannya dan kita juga siap mensupport dengan proses penganggarannya karena memang sangat terasa kemanfaatannya oleh masyarakat,” tutupnya. (mal)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan