FGD LLDIKTI IV Implementasikan Keterbukaan Informasi Publik

BANDUNG – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat (Jabar) dan Banten melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan media serta pihaknya lainnya di Aula LLDIKTI Wilayah IV Jalan PHH Mustofa, No 38, Kota Bandung, Jumat 3 Maret 2023.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten Dr M Samsuri mengatakan, FGD sengaja dilaksanakan dalam rangka upaya implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan LLDIKTI.

Tak hanya itu, FGD juga guna menjalankan tugas dan fungsi LLDIKTIK yang memerlukan dukungan oleh semua unsur.

“Maka konsep pentahelix atau multipihak di mana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi yang ada di lingkup LLDIKTI Wilayah IV,” ujar Samsuri.

Samsuri membeberkan sejumlah capaian prestasi LLDIKTI IV, di antaranya menjadi juara umum Anugerah Diktiristek tahun 2022, meraih empat medali emas dan empat medali perak, yakni gold winner kategori pengelolaan sosial media; Gold winner kategori majalah instansi; Gold winner kategori penguatan fasilitas kerjasama, terbaik ke-1 kategori kelembagaan.

“Capaian ini harus dipertahankan malah terus dikembangkan di bidang lainnya,” terang Samsuri.

Dia menyebutkan, perguruan tinggi di Jabar dan Banten berjumlah 13 untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 447 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dari jumlah tersebut, PTS yang terakreditasi unggul (A) sudah meningkat dari 5 menjadi 7. Sedangkan untuk akreditasi baik sekali (B) ada 97 PTS. Kemudian Akreditasi baik (C) sebanyak 182 PTS.

“Kami menargetkan tahun ini (2023) bisa nambah satu Perguruan Tinggi Swasta lagi dengan akreditasi unggul,” ujarnya.

Samsuri menambahkan, tahun 2023 LLDIKTI IV mengejar target meraih nominasi zona intergritas wilayah bebas korupsi. Hal ini tak berlebihan karena sejumlah raihan prestasi seperti saat ini Jabatan Akademik online sudah bisa diakses oleh masing-masing dosen dan persuratan menggunakan tandatangan elektronik.

“Indeks kepuasan masyarakat naik sejak Januari sampai Oktober 2022 dari 81,57% menjadi 82,61%. Selain itu, LLDIKTI IV menjadi satu-satunya yang menjadi mitra magang MSIB Batch 3, selain itu dalam bidang sosial kemasyarakatan LLDIKTI IV memberikan bantuan terhadap korban gempa Cianjur (#sabilulungan Cianjur),” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan