Doa Sapu Jagad, Hafalkan Maka Dunia dan Akhiratmu akan Selamat

JABAREKSPRES.COM – Doa sapu jagad merupakan istilah yang berkembang dimasyarakat, untuk menyebut doa selamat dunia dan akhirat. Doa ini banyak dihafalkan karena seakan menjadi jaminan bahwa Allah akan selalu menjaga hambanya agar tidak tertimpa bahaya baik didunia maupun diakhirat kelak.

Doa sapu jagad ini sudah diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini, sejak mulai bisa mengucapkan kata-kata. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak terbiasa untuk membaca doa dalam menghadapi segala macam kejadian dalam hidupnya.

Karenanya tak heran, justru anak-anaklah yang lebih hafal doa sapu jagad ini. Karena disekolah mapun di tempat mengaji selalu dikumandangkan sebagai mukadimah untuk melakukan semua aktifitas. Agar selalu mendapat perlindungan dan dijaga keselamatannya oleh Allah.

Karenanya tidak ada salahnya bila kita mencoba kembali menghafalkannya dan merutinkan untuk membacanya setiap kali selesai sholat fardhu. Dan digabung bersama dengan dzikir harian yang sudah biasa kita bacakan.

Dalam setiap kehidupan, tentu manusia berharap akan selalu selamat. Karena keselamatan menjadi hal utama yang diperjuangkan manusia. Betapa pentingnya keselamatan di dunia hingga Rasulullah menempatkannya di urutan pertama saat menyebut tiga nikmat dasar.

Dilansir dari bersamadakwah, berikut hadist yang diriwayatkan HR Tirmidzi: Hasan mengenai keselamatan.

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman (selamat) di lingkungannya, sehat badannya, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul padanya. (HR. Tirmidzi; hasan)

Di dunia, selamat adalah nikmat mendasar. Apalagi di akhirat, selamat adalah keniscayaan. Sebab selamat artinya masuk surga. Celaka di akhirat artinya masuk neraka.

BErikut ada dua doa selamat dunia akhirat. Yang satu berasal dari hadits shahih dan dari Al-Qur’an.

Doa Selamat Dunia Akhirat dari Hadits Shahih

Berikut ini doa selamat dunia akhirat dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya yang berasal dari hadits shahih:

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

(Alloohumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta dzal jalaali wal ikroom)

Artinya:
Ya Allah, Engkaulah Tuhan keselamatan. Dari-Mu keselamatan. Maha Suci Engkau, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan