Perbaikan Jalan di Cicalengka Diduga Tak Sesuai Standar, Belum Lama Dicor Sudah Digunakan

CICALENGKA – Akses jalan di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung dilakukan perbaikan.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, volume jalan yang diperbaiki itu sepanjang 96 meter dengan lebar 5 meter dan dikerjakan oleh pelaksana CV Lancar Jaya.

Anggaran biaya proyek perbaikan jalan di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka itu sebesar Rp179.72.300. Adapun dana pembangunan bersumber dari APBD Kabupaten Bandung tahun 2021.

Perbaikan jalan di Desa Dampit menjadi akses utama menuju tempat wisata alam Dreamland serta Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi.

Akibatnya, selama proses pembangunan, warga serta wisatawan cukup terganggu karena tak bisa dilintasi.

Kepala Desa Tanjungwangi, Iyus Rusmana mengaku, pembangunan jalan itu tidak membuat akses warga menuju wilayahnya terganggu.

“Hal yang wajar ketika ada perbaikan jalan pastinya akses lalu lintas sedikit terhambat, tapi itu pun tidak sampai lumpuh,” kata Iyus melalui pesat singkat, Kamis (23/12).

Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Cicalengka, Dadang Budi saat dikonfirmasi berapa lama pengerjaan akses jalan di Desa Dampit, dia mengklaim, soal jalan sudah menjadi kewenangan pihak Dinas Pengerjaan Umum.

“Karena itu bukan pekerjaan kecamatan, jadi yang lebih tahu itu bagian PU,” kata Dadang saat ditemui di ruang kerjanya.

Dadang mengatakan, dirinya akan tahu jika memang ada laporan terkait pembangunan tersebut.

Diketahui sebelumnya, Jabar Ekspres sempat mengecek kondisi jalan yang baru dicor tersebut pada Rabu (22/12) kemarin.

Dalam pantauan di lokasi, terlihat kondisi jalan yang tak lama baru dicor tersebut masih basah alias belum dapat digunakan.

Akan tetapi, ketika Jabar Ekspres kembali melakukan pengecekan pada Kamis (23/12), jalan yang belum lama ditutup karena dicor itu kini sudah dibuka dan dilalui berbagai jenis kendaraan.

Sementara itu, Kasubag PU, Gia Yogistira mengatakan, secara teknis pengerjaan jalan perlu memakan waktu yang cukup lama.

“Kalau sehari atau bahkan lima hari coran jalan sudah digunakan, itu kurang bagus. Karena idealnya setelah dicor didiamkan sampai kering itu 14 hari,” imbuh Gia.

“Saya berbicara teknisnya. Kalau untuk bisa digunakan kembali atau belum itu bagian pelaksana,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan