10 Buah dan Sayur yang Bikin Awet Muda,  Dijamin Terlihat Lebih Muda dari Umurnya

JABAR EKSPRES – Siapa sangka, ternyata ada buah dan sayur yang bisa membuat kita awet muda, karena kandungan didalamnya bisa memperlambat proses penuaan.

Ada setidaknya 10 buah dan sayur yang memiliki efek baik tersebut, karena banyak nutrisi didalamnya yang meningkatkan produksi berbagai enzim yang membuat kita menjadi awet muda dan panjang umur.

Selain memberikan khasiat awet muda, buah dan sayur memang sudah dikenal memiliki banyak vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Baca juga : Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dilansir dari Eat This Not That, berikut `10 buah dan sayur yang memiliki nutrisi hebat untuk menjaga kesehatan sekaligus berkhasiat agar awet muda.

1. Kubis Merah/Ungu

Menurut Ahli Gizi, Tammy Lakatos Shames, kubis merah dan ungu merupakan salah satu sayuran terbaik yang bisa dimakan untuk umur panjang.

Kubis ini termasuk dalam keluarga cruciferous, yang merupakan sumber antioksidan dan mengandung sulfur yang disebut glukosinolat.

Menurut penelitian, antosianin senyawa kuat lainnya dalam kubis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan penyakit neurogeneratif.

2. Jamur

Jamur memiliki manfaat untuk anti penuaan. Varietas jamur seperti shiitake, reishi, dan maitake terkenal karena potensinya dalam mendukung kekebalan tubuh karena tingginya kandungan beta-glukan atau gula kompleks yang dikenal dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, menurut ahli gizi Lauren Manaker.

Jamur juga dapat membantu mendukung kesehatan usus. Sebab mengandung polisakarida yang merupakan serat prebiotik dan memungkinkan bakteri baik (probiotik) berkembang.

Mikrobioma yang sehat memengaruhi segalanya mulai dari suasana hati, autoimunitas, hingga obesitas.

3. Blueberry

Blueberry menawarkan manfaat kesehatan dalam banyak hal. Salah satu manfaat utamanya adalah kontribusinya terhadap mencegah penuaan dini.

“Sering dipuji sebagai makanan super, blueberry kaya akan antioksidan, terutama antosianin, yang berkontribusi terhadap umur panjang. Senyawa kuat ini memerangi stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan,” kata Manaker.

Menambahkan blueberry ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka pendek dan juga dapat mendorong hidup lebih lama dan sehat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan