Banjir Order dari Momen Tahunan Buat Rompi Rajut Anak Sekolah

Setiap hari di kawasan Binong Jati, Kota Bandung sering terdengar mesin-mesin rajut dari balik rumah-rumah warga yang berjajar di sepanjang jalan.

Hendrik Muchlison, Kota Bandung

Di Kawasan itu, merupakan sentra pengrajin rajut yang telah berlangsung puluhan tahun lamanya.

Para pengrajin rajut Binong tetap eksis memproduksi berbagai model dan jenis pakaian. Meski saat ini sudah banyak pakaian-pakaian impor dengan harga murah.

Para pengrajin rajut Binong punya hajat tahunan. Biasanya mereka akan kebanjiran order ketika tahun ajaran baru sekolah.

Di momen itu keberkah biasanya menghampiri para perajin dengan banyaknya pesanan untuk membuat rompi seragam sekolah.

Tahun ajaran baru sekolah bisa disebut hajatnya para pengrajin rajut Binong. Sebab, biasanya mereka kebanjiran order yang datang dari berbagai tempat untuk membuat rompi rajutan.

Eka Rahmat Jaya yang merupakan pengrajin mengakui setiap tahun ajaran baru pasti banyak pesanan untuk pembuatan rompi sekolah.

Kebutuhan rompi sekolah ini dibuat biasanya untuk anak sekolah dasar dan Sekolah menengah pertama.

Awalnya, pesanan rompi sekolah mulai ramai pesanan sejak Ramadan. Pada saat itu pesanan mulai bermunculan.

Membuat rompi sekolah tidak bisa mendadak. Minimal membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

‘’Jadi tidak bisa mendadak. Makanya harus pesan jauh-jauh hari,’’ ujar Eka ketika ditemui Jabareskpres.com belum lama ini.

Menurutnya, pembuatan rompi ini biasanya digunakan sebagai perlengkapan sekolah. Anak SD atau SMP kalau pakai rompi terlihat rapih dan modis.

Meski begitu, selain pembuatan rompi, pesanan lainnya yang biasa ramai adalah pembuatan syal dan kaus kaki, atau sarung tangan.

Untuk pesanannya pun beragam. Mulai dari puluhan bahkan ada yang sampai ribuan.

‘’Biasanya kalau puluhan hanya untuk satu kelas, kalau sekitar 300-500 biasanya buat satu sekolahan,’’ ujar Eka.

Koordinator Kampung Rajut Binong Jati itu mengakui, pesanan rompi sekolah banyak berdatangan juga dari luar Kota Bandung.

Berbagai pesanan yang datang dari luar pulau Jawa hingga Papua pernah dia terima. Untuk pesanan biasanya hanya menyodorkan contoh model desain rompi yang ingin dibuat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan