Pemkot Surakarta Berharap Taman Balekambang Bisa Dibuka Mulai Bulan Ini

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Surakarta berharap Taman Balekambang bisa dibuka mulai bulan ini mengingat telah selesainya proses revitalisasi yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

‘’Kami menunggu serah terima dari Kementerian PU ke Pemkot Surakarta,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko di Solo, Jawa Tengah, Senin (3/6).

Aryo mengatakan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap Taman Balekambang dapat segera dibuka sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

BACA JUGA: Plh Kadisdik Jabar Sebut Proses Pendaftaran PPDB 2024 Bisa Dilakukan di Sekolah Tujuan

‘’Sesuai harapan mas wali, inginnya dibuka secepatnya. Sepertinya ini sudah siap, nanti kami lihat,’’ kata Aryo.

Meskipun demikian, Aryo juga mengakui sampai saat ini belum diperoleh pihak ketiga yang nantinya bertugas sebagai operator Taman Balekambang.

‘’Belum ada pihak ketiga,’’ katanya.

BACA JUGA: Bambang Sutantono Mundur, Mentri PUPR jadi Pengganti Kepala Otorita IKN

Sementara itu, meskipun belum dibuka untuk umum, beberapa waktu terakhir Taman Balekambang sudah digunakan untuk sejumlah kegiatan pemerintah.

Terakhir, tepatnya pada minggu lalu salah satu gedung di Taman Balekambang digunakan untuk Rembug Pembangunan Provinsi Jawa Tengah 2024 yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

‘’Pirinsipnya sebenarnya ini bisa dipakai, hari jadi kota nanti anak sekolah juga akan kami ajak,’’ katanya.

BACA JUGA: 37 Calon Haji Asal Makassar Ditangkap di Madinah Diduga Visa Tidak Resm

Mengenai besaran tiket masuk yang akan dikenakan kepada para pengunjung, menurut Aryo, jika sesuai dengan Perda Kota Surakarta Nomor 14/2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, harga tiket masuk umum di Taman Balekambang Rp5000 per orang.

‘’Tapi nanti akan ada evaluasi, seperti itu kalua Rp5.000 kok ora pantes (tidak sesuai),’’ katanya.

BACA JUGA: Link Ujian GAMON (Gagal Move on), Tes Apakah Kamu Masih Terjebak di Masa Lalu?

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan