India jadi Contoh Skema Makan Siang Gratis di Indonesia

Jabar Ekspres – Delegasi tingkat tinggi Indonesia melakukan kunjungan kerja untuk mempelajari skema program makan siang gratis di India, selain menjajaki potensi investasi dua negara.

Dalam keterangan yang disiarkan di Jakarta, Sabtu, Kedutaan Besar India di Indonesia   menyatakan tujuan delegasi Indonesia tersebut guna bisa mempelajari melaksanakan program serupa untuk menyediakan makanan berkualitas kepada siswa sekolah di Indonesia.

“Delegasi Indonesia mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan dari tur tersebut dan berharap adanya fasilitas serupa di Indonesia dapat mensukseskan rencana makan siang di dalam negeri,” ujar Firman Dikutip Jabar Ekspres melalui Antara.

Kunjungan kerja khusus tersebut memiliki tujuan utama mempelajari “Midday Meal Scheme/Skema Makan Siang” di India serta memperluas visi Presiden dan Wakil Presiden yang baru terpilih.

BACA JUGA: Gratis, Posko Kesehatan Jalur  Mudik Pantura Siap Siaga Melayani 24 Jam

Belum lama ini, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Wakil Presiden terpilih dan Walikota Surakarta saat ini, dalam perbincangan bersama Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah.

Ia mengungkap bahwa Indonesia akan mengambil contoh dari India, mengingat keberhasilan nyata dari program makan siang di sekolah, dan jumlah populasi negara tersebut yang relatif sebanding.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Firman Hidayat memimpin rombongan delegasi Indonesia yang berangkat ke India.

Mereka mendapatkan paparan di Kementerian Pendidikan mengenai Skema Makan Siang dan implementasinya, seperti  faktor-faktor logistik, tantangan, nilai gizi, peran pemerintah pusat dan negara bagian India.

Tur kerja dilanjutkan ke fasilitas dapur Akshaya Patra di Bangalore. Akshaya Patra merupakan organisasi nirlaba, yang merupakan mitra terbesar Pemerintah India dalam penyelenggaraan Skema Makan Siang di India.

BACA JUGA: Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Tak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan Dekat Rest Area

Dalam kunjungan tersebut, diadakan pertemuan ekstensif di New Delhi, Bangalore, Tuticorin, dan Chennai bersama para pejabat pemerintah, akademisi, peneliti dan pengusaha.

Dalam pertemuan tersebut membahas mengenai bidang-bidang kerja sama yang potensial seperti pengurangan sampah laut, budidaya air, bio-material, bio-fuel, dan peringatan dini gempa bumi. Biotechnology Industry Research Assistance Council (BIRAC) dan dampaknya terhadap ekosistem rintisan bioteknologi di India diminati delegasi Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan