Gratis, Posko Kesehatan Jalur  Mudik Pantura Siap Siaga Melayani 24 Jam

Jabar Ekspres – Posko kesehatan di Simpang di Jalur Pantura mulai dari Jakarta, Karawang, Jawa Barat hingga Semarang, Jawa Tengah, sap siaga melayani masyarakat mudik selama 24 jam secara gratis.

Posko kesehatan mudik di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, misalnya disiapkan Pemerintah Kabupaten Karawang itu salah satu dari puluhan posko pelayanan kesehatan arus mudik di jalur pantura yang siap siaga melayani 24 jam selama periode libur Lebaran 2024.

Kepala Posko Kesehatan Simpang Jomin mengatakan bahwa fasilitas medis tergolong lengkap, terdapat satu unit mobil ambulans berfasilitas lengkap seperti tabung oksigen yang senantiasa siap mengantarkan pemudik untuk ke rumah sakit terdekat.

Posko tersebut juga melayani kebutuhan di perjalan mudik  seperti pengecekan gula darah, tekanan darah dan kolesterol yang bisa dimanfaatkan pemudik secara gratis.

BACA JUGA: Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Tak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan Dekat Rest Area

Walaupun sejatinya mereka siap melayani kebutuhan kesehatan yang mumpuni, Ia menyebutkan mayoritas pemudik yang singgah ke posko tersebut membutuhkan obat-obatan pereda sakit gigi hingga sirup anti kembung.

“Ya, itu dia, di posko kami memiliki kemampuan untuk pelayanan seperti itu,” kata pria yang juga berprofesi sebagai perawat gigi Puskesmas Tritamulia Karawang ini.

Ia mengaku pihaknya mencatat ada peningkatan jumlah pemudik yang singgah ke posko Jomin bila sebelumnya di bawah lima orang per hari sejak posko dioperasikan pada Rabu (3/4). Tapi mulai Jumat (5/4) malam – Sabtu pagi bisa melayani lima – delapan orang per hari yang mayoritas pemudik bermotor.

“Ramai ketika sore – malam dan dini hari mereka singgah kemudian melanjutkan perjalanan ke Indramayu ataupun Cirebon melintasi Jalur Pantura ini,” ujarnya

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan memastikan telah mensiagakan posko pelayanan kesehatan dan terintegrasi dengan puskesmas, rumah sakit rujukan terdekat di seluruh jalur mudik Lebaran 2024 baik darat, udara maupun laut.

BACA JUGA: Masyarakat Diimbau Beraktivitas dalam Radius 5 Km, Usai Erupsi Semer

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Azhar Jaya menyebut bahwa jumlah keseluruhan posko fasilitas kesehatan yang disiagakan sebanyak 15.705 unit, semuanya terintegrasi dengan 10.107 unit puskesmas, 3.186 rumah sakit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan