Tol Bocimi Tengah Perbaikan, Arah Sukabumi Dialihkan ke Gerbang Tol Cigombong

Jabar Ekspres – Jalan  Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 pada KM 64+600 A sedang dilakukan perbaikan pasca peristiwa longsor yang terjadi akibat curah hujan tinggi, arus lalu lintas yang melewati jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang ke arah Sukabumi, Jawa Barat dari Jakarta dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Cigombong.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terjadi akbat dari curah hujan yang tinggi.

Basuki Hadimuljono mengungkapkan peristwa tersebut diduga karena adanya longsor akibat dari curah hujan yang tinggi dan bukan karena adanya gerakan tanah. Oleh karena itu, selama tiga hari kedepan akan ada upaya penanganan.

BACA JUGA: Kolombia Resmi Gabung dengan Afrika Selatan Gugat Israel ke ICJ Terkait Genosida di Gaza

“Hari Senin, 8 April 2024 lusa, kami monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan golongan 1, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong. Kami akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk bisa dibuka satu arah dari arah Jakarta ke Sukabumi. Untuk arus balik juga nanti akan satu arah dari arah Sukabumi ke Jakarta. Akan diupayakan agar Senin atau Selasa dapat dibuka. Setelah itu akan ditangani secara permanen setelah lebaran, kira-kira 2-3 bulan penanganannya,” kata Basuki.

Dikarenakan perbaikan yang sedang berlangsung, maka Tol Bocimi seksi 2 KM 64+600 A arah Sukabumi maupun sebaliknya tidak dapat dilintasi kendaraan, terlihat sejumlah personel kepolisian berjaga-jaga di area lokasi pengalihan lalu lintas tersebut.

Tampak sejumlah kendaraan alat berat diterjunkan dan terlihat sedang melakukan perbaikan terhadap salah satu ruas Tol Bocimi yang mengarah ke wilayah Sukabumi dari Puncak dan Jakarta.

BACA JUGA: Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Tak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan Dekat Rest Area

Sejumlah kendaraan berat seperti buldozer melakukan kegiatan pengerukan tanah di sekitar area dalam upayanya melakukan perbaikan di jalan tol tersebut.

Beberapa petugas perbaikan juga tampak bergegas dan lalu lalang melakukan perbaikan di Tol Bocimi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan