Rahasia Resep Empal Daging Sederhana untuk Masak di Rumah

JABAR EKSPRESEmpal daging, salah satu kuliner khas Indonesia yang tak lekang oleh waktu, kembali memikat lidah para pecinta masakan Nusantara. Terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah pilihan, empal daging menjadi pilihan hidangan yang lezat dan memikat. Mari kita bahas lebih lanjut tentang keistimewaan empal daging ini yang tak hanya populer di kalangan pecinta kuliner, tetapi juga mudah diolah di rumah.

Empal daging, atau yang dikenal dengan sebutan gepuk di Jawa Barat, memiliki ciri khas tekstur yang sangat empuk. Rahasianya terletak pada proses perebusan yang cukup lama sebelum digoreng, membuat dagingnya begitu lembut dan enak. Di daerah Jawa Barat, masyarakat Sunda mengenal empal daging dengan sebutan gepuk, yang disajikan dengan cita rasa gurih, manis, dan sedikit asam berkat tambahan air asam Jawa dalam racikan bumbunya.

Tak heran jika empal daging menjadi favorit banyak orang. Hidangan ini dapat ditemukan di berbagai warung makan, rumah makan, restoran, dan bahkan dijual per potong dengan harga yang masih terjangkau. Namun, bagaimana jika kita bisa membuat empal daging sendiri di rumah dengan resep yang sederhana? Yuk, simak resep empal daging berikut dan nikmati kelezatannya sepuasnya!

Resep Empal Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

Bahan Utama:

– 350 gram daging sapi (has dalam, has luar, atau bagian otot), cuci bersih, dan potong memanjang.
– 2 lembar daun salam.
– 1 batang serai, memarkan.
– 2 cm lengkuas, memarkan.
– 2 siung bawang putih, memarkan.
– 1/4 sdt merica.
– 1/2 sdt garam.
– 1 liter air.

Bumbu Halus:

– 3 siung bawang putih.
– 5 siung bawang merah.
– 3 butir kemiri.
– 2 sdt ketumbar bubuk.
– 1/2 sdt pala bubuk.
– 50 gram gula merah, diserut.
– 1/2 sdt garam.

Bumbu Tambahan:

– 65 ml santan kelapa (1 bungkus).
– 1 lembar daun salam.
– 1 sdt air asam jawa.
– 350 ml air.
– Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat Empal Daging:

1. Didihkan air. Rebus daging dan semua bahan rebusan hingga daging empuk. Angkat dan tiriskan. Memarkan daging lalu sisihkan. Ambil air rebusan daging (kaldu) sebanyak 400ml lalu sisihkan.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan