Perpustakaan Kota Bogor Hadirkan Bumi Prawira, Galeri Kisah Pemimpin dari Masa ke Masa

JABAR EKSPRES – Perpustakaan Kota Bogor kini memiliki museum khusus ‘Bumi Prawira’ yang menampilkan kisah pemimpin dari masa ke masa.

Galeri Bumi Parawira yang dibangun 0 (nol) APBD ini bisa terwujud atas CSR dari Bank BJB, CSR para pengusaha dan filantropi lainnya serta para komunitas kreatif, penggiat sejarah, sejarawan, akademisi, seniman dan sebagainya sehingga menjadi kolaborasi hadirnya Galeri Bumi Parawira.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, banyak pemimpin-pemimpin hebat di setiap kota-kota di Indonesia, namun sayangnya belum ada satu tempat yang bisa menjadi pelajaran dari cerita dan narasi hebat dari kota-kota di Indonesia.

“Melalui Galeri Bumi Parawira kita mulai menulisnya, di sini kita mulai mengabadikan narasi itu, pemimpin hebat Kota Bogor dari masa ke masa. Kita berterima kasih karena Bumi Parawira ini atau rumah para pemimpin ini kemudian menjadi tempat yang sangat diperhatikan oleh banyak pihak,” ungkapnya dikutip Sabtu, 30 Desember 2023.

BACA JUGA: Komisi IV Sidak Museum Pajajaran Calon Magnet Pariwisata Baru di Kota Bogor

Galeri Bumi Parawira dan Galeri Kota Bogor yang berada di lantai 3 Gedung Perpustakaan Kota Bogor tersebut, resmi beroperasi pada 28 Desember kemarin bertepatan dengan sejarah dilaksanakannya Konferensi Panca Negara pada tahun 1954 silam di Bogor.

Pada Konferensi Panca Negara, 69 tahun lalu Bogor menjadi sorotan dunia karena berkumpulnya lima pemimpin dunia di Bogor untuk membicarakan persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung yang perumusan kesepakatannya dilakukan di Bogor.

Bima Arya menyebut, di hari itu negara Indonesia dan Asia Afrika memulai ikhtiarnya untuk menulis sejarahnya sendiri sehingga tidak sudi ditulis oleh bangsa lain, karena tidak mau dikendalikan oleh kekuatan lain.

“Bung Karno menulis artikel yang sangat inspiratif yang ditutup dengan kata-kata Bogor loncatan dunia. Bogor loncatan sejarah dan hari ini 69 tahun kemudian Insya Allah ikhtiar Kota Bogor untuk menulis sejarahnya sendiri memberikan inspirasi bagi Indonesia dan dunia melalui Galeri Bumi Parawira,” tuturnya.

Karena, sambung dia, setiap pemimpin ada masanya, setiap masa ada pemimpinnya. Menurutnya, Kota Bogor adalah kota para pemimpin hebat, lahirnya, besarnya, berkembangnya pemimpin hebat dari masa ke masa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan