Sempat Distop, Kabupaten Bandung Diizinkan Lagi Kirim Sampah ke TPAS Sarimukti

JABAR EKSPRES – Sejumlah truk pengangkut sampah dari Kabupaten Bandung, sempat putar balik saat hendak melakukan pengiriman ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, truk-truk pengangkut harus balik kanan dari TPAS Sarimukti kembali ke Kabupaten Bandung itu, dikarenakan kuota ritase yang sudah habis.

Kendati demikian, Kepala UPT Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung wilayah Timur, Rana Supriatna mengaku, diberhentikannya pengiriman sampah Kabupaten Bandung ke TPAS Sarimukti hanya bersifat sementara.

“Untuk sampah dari Kabupaten Bandung, sekarang sudah bisa kembali dibuang ke TPAS Sarimukti. Kemarin distop karena kuota ritasi habis,” kata Rana, Jumat, 1 November 2023.

Dia menjelaskan, kembali diperbolehkannya Kabupaten Bandung mengirim sampah ke TPAS Sarimukti, karena diberikan jatah kuota ritase tambahan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Masa Kampanye Pemilu 2024, Banyak APK Dipaku di Pohon

“Hari ini bisa jalan lagi, karena ada tambahan 2.481 kuota ritase sampah dari Kabupaten Bandung yang dibuang ke TPAS Sarimukti,” jelas Rana.

“Tambahan kuota ritasi dari Pemprov Jabar, bukan hanya sampah dari Kabupaten Bandung saja,” lanjutnya.

Rana menyampaikan, penambahan kuota ritase pembuangan sampah ke TPAS Sarimukti itu, Pemprov Jabar juga memberikan tambahan untuk Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Diketahui, pembatasan penampungan sampah di TPAS Sarimukti tengah jadi perhatian sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bandung.

Pasalnya, belakangan ini ramai dikabarkan bahwa TPAS Sarimukti tak lama lagi akan ditutup pada 1 Januari 2024 mendatang.

Pihak Pemprov Jabar pun diinformasikan rencananya akan menutup TPAS Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat bukan tanpa alasan.

Penutupan rencana dilakukan karena TPAS Sarimukti yang sejak lama menjadi tempat pembuangan sampah dari Bandung Raya, kapasitasnya sudah melebihi batas penampungan.

BACA JUGA: Selain Banjir, Hujan Deras juga Buat Longsor di 4 Kecamatan Kabupaten Bandung

Adapun beberapa daerah yang mengirim sampah ke TPAS Sarimukti, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Disamping itu, setelah terjadinya insiden kebakaran hebat di TPAS Sarimukti beberapa waktu lalu, dampaknya membuat tempat penampungan sampah tersebut sulit menerima kiriman ritase alias over kapasitas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan