Selain Banjir, Hujan Deras juga Buat Longsor di 4 Kecamatan Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska, mengatakan hujan deras yang terjadi sejak Kamis, 30 November 2023, tidak hanya membuat beberapa Kecamatan di Kabupaten Bandung mengalami banjir.

Namun, ada juga 4 Kecamatan yang mengalami bencana tanah longsor akibat hujan deras yang terjadi sejak kemarin. Uka menyebut 4 Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Ciparay, Pasir Jambu, Cimenyan, dan Cicalengka.

“Yang pertama itu ada di Kecamatan Ciparay terjadi longsor sekitar pukul 17.30 WIB di Kampung Kodiklat RT.03 RW.04, Desa Bumiwangi,” ujar Uka saat dihubungi, Jumat, 1 Desember 2023.

Uka menjelaskan, longsor yang terjadi di Kampung Kodiklat ini berawal dari gerusan Sungai Situ Saeur yang tiba-tiba bergerak dan menutup aliran sungai.

Kemudian menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri Komplek Bumi Karya RW 5 Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay.

BACA JUGA: Kawasan Stasiun Cimekar Tergenang Banjir, Akses ke Kereta Cepat Whoosh Terhambat

“Longsor ini berdimensi panjang sekitar 40 meter dengan tinggi 3 meter dan Lebar 6 meter, kita juga sudah melakukan koordinasi dengan perangkat Desa untuk segera melakukan tindakan,” katanya.

Selain melakukan koordinasi dengan perangkat Desa, pihaknya pun saat ini sedang berupaya melakukan tindakan cepat lantaran khawatir hujan kembali.

“Lantaran khawatir hujan kembali turun dan terjadi longsor susulan kita langsung melakukan penanganan darurat karena saat ini sudah memasuki musim penghujan,” tuturnya.

Kemudian tanah longsor ini juga terjadi di Kecamatan Pasirjambu tepatnya di Kampung Situgede RT 04 RW 10 Desa Tenjolaya.

Di Kecamatan ini kata Uka, Tembok Penahan Tanah (TPT) yang diatasnya terbangun SDN Tenjolaya 3 mengalami ambruk.

“Panjang material longsornya sekitar 17,5 meter, kalau tingginya 4 meter material TPT juga sempat menghalangi bahu jalan,” ungkapnya.

Selain itu kata Uka, saat hujan terjadi kemarin satu rumah secara tiba-tiba tertimbun tanah yang berasal dari tebing di atasnya.

Kejadian ini juga terjadi di Kampung Ciparungpung Gunung RT 01 RW02 Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan.

BACA JUGA: Penanganan Banjir di Kawasan OCBD Bogor Disoal, DPRD Tekankan Ini!

“Jadi Itu di atasnya ada sawah, karena hujan kemudian terjadi longsor dan menimpa saluran air dan saluran air pipa minum ke warga, hingga semua airnya masuk kedalam rumah milik Bapak Ari,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan