IBI dan YAICI Perangi Susu Kental Manis lewat Lomba Konten Bidan

JABAR EKSPRES, BANDUNG – IBI Jabar dan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) menyatakan perang terhadap susu kental manis. Karena berdampak pada kesehatan masyarakat.

Ketua IBI Jabar Eva Riantini mengungkapkan, susu kental manis bukan susu. Hal itu yang selama ini terus dikampanyekan kepada masyarakat. “Akan berdampak pada kesehatan anak jika salah memahami,” katanya.

Eva melanjutkan, sejauh ini masih banyak ditemui adanya kesalahpahaman terkait susu kental manis. Masyarakat masih menilai bahwa susu kental manis ya susu. Sehingga sering dijadikan minuman wajib bagi anak layaknya susu pada umumnya. “Padahal yang banyak itu kandungan gula, jadi pertumbuhan anak bisa kurang,” tuturnya.

Baca juga: Warga Desa Haurpugur Terdampak Kekeringan, BPBD Kabupaten Bandung Sudah 3 Hari Kirim Bantuan Air

Eva menerangkan, ada berbagai langkah yang dilakukan IBI berkolaborasi dengan YAICI untuk mengkampanyekan propaganda itu. Salah satunya adalah dengan kompetisi konten Bidan Sahabat Ibu dan Anak. Termasuk sejumlah program penyuluhan yang melibatkan bidan – bidan di tingkat kabupaten kota di Jabar.

Menurut Eva, propaganda itu juga sebagai salah satu langkah dalam memerangi stunting di Jabar. Jangan sampai masyarakat salah kaprah dalam penggunaan susu kental manis. Yang akibatnya mengganggu pertumbuhan anak di usia emasnya.

Yeyen, bidan yang menjadi pemenang dalam kompetisi konten itu mengaku senang terkait program tersebut. Menurutnya selain untuk kompetisi juga ada semangat untuk mengedukasi masyarakat. “Ini akan menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tuturnya.

Ketua Advokasi YAICI Yuli Supriati menambahkan, pihaknya mengapresiasi cara propaganda yang dilakukan para bidan tersebut. Menurutnya hal itu juga sebagai salah satu adaptasi dalam perkembangan teknologi. “Ini menarik, ada inovasi dan kreativitas untuk edukasi masyarakat terkait gizi. Terutama bahaya kental manis bagi kesehatan anak,” cetusnya.(son)

Baca juga: Tak Nyambung, Hakim Dibuat Bingung Menyoal Khairur Rijal Tanyakan Perkara Lain di Persidangan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan