Warga Desa Haurpugur Terdampak Kekeringan, BPBD Kabupaten Bandung Sudah 3 Hari Kirim Bantuan Air

JABAR EKSPRES, KABUPATEN BANDUNG – Dampak kekeringan akibat musim kemarau 2023 yang disertai badai El Nino cukup panjang, membuat sejumlah warga di wilayah Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengalami kesulitan air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung pun, diketahui mengirim bantuan pasokan air bersih, untuk kebutuhan masyarakat yang terdampak kekeringan.

Kepala Desa (Kades) Haurpugur, Saepul Azhari mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya pengiriman pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Bandung, sehingga dapat meringankan dampak kekeringan yang dirasakan warga.

“Alhamdulillah, sudah tiga hari BPBD Kabupaten Bandung mengirim bantuan air bersih ke Desa Haurpugur,” kata Saepul pada Rabu 4 Oktober 2023.

Baca juga: Tak Nyambung, Hakim Dibuat Bingung Menyoal Khairur Rijal Tanyakan Perkara Lain di Persidangan

Dijelaskannya, pengiriman air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Bandung sejak Senin, 2 Oktober sampai Rabu, 4 Oktober 2023 itu, setiap pasokan yang disalurkan sebanyak satu tanki per RW untuk dibagikan secara gratis.

“Di Desa Haurpugur sebanyak 8 RW umumnya paceklik air bersih dan berharap semua RW dapat kiriman air,” jelasnya.

Saepul menyampaikan, melalui bantuan air bersih di tengah musim kemarau panjang, warga Haurpugur berterima kasih dan memanfaatkan air dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Pemdes Haurpugur mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Bandung atas kiriman bantuan air bersihnya,” ucapnya.

Ketika disinggung, selain warga yang mengalami kesulitan air bersih di tengah darurat kekeringan, bagaimana dampak terhadap lahan pertanian di Desa Haurpugur.

Diungkapkan Saepul, meski kemarau dan Kabupaten Bandung ditetapkan darurat kekeringan dan sungai-sungai volume airnya sudah berkurang, namun lahan pertanian tak begitu terdampak serius.

“Darurat kekeringan, sungai juga kering, tapi lahan pertanian umumnya tanaman padi sudah dipanen,” tukasnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Haurpugur, Polsek Rancaekek,  Aiptu Tedi Kusyadi melakukan pendampingan penyaluran bantuan bencana kekeringan berupa air bersih dari BPBD Kabupaten Bandung tersebut agar berjalan aman dan lancar.

Kapolsek Rancaekek Kompol Deny Sunjaya memaparkan, pemberian bantuan air bersih tersebut dalam rangka mengurangi dampak dari bencana kekeringan di wilayah Kecamatan Rancaekek.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan