Achmad Gazali Terpilih Aklamasi Ketua PCINU Jepang

JABARESKPRES – Ustaz Achmad Gazali PhD kembali menduduki Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Instimewa Nahdatul Ulama atau PCINU Jepang periode 2023-2025. Pria asal Pamekasan itu terpilih secara aklamasi melalui Konferensi Cabang Istimewa (Konfercabis) yang kedua kalinya.

Konfercabis 2023 itu dilaksanakan di dua lokasi yaitu di Masjid NU At-Taqwa, Jepang serta di lokasi rintisan pesantren NU Jepang di Koga pada 16-17 September 2023.

“Semoga PCINU Jepang ke depan lebih solid berkhidmat sehingga perjuangan menjadi lebih mudah untuk menebar maslahat kepada umat,” ujar Achmad Gazali-yang akrab disapa-Gazali, melalui pesan WhatsApp yang diterima Jabar Ekspres, Jumat 22 September 2023 pagi ini.

Gazali menjelaskan, pihaknya memiliki program kerja utama ke depan. Yaitu, akan meneruskan pembangunan pesantren pertama di Jepang, serta perluasan struktural NU dengan dibarengi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami merasa perjuangan berikutnya ini lebih berat dari yang sebelumnya. Membangun struktural di berbagai provinsi di Jepang sudah dilakukan, dan akan terus kami lanjutkan, bahkan membangun infrastruktur masjid dan pesantren juga telah kami lakukan, tetapi memeliharanya agar tetap eksis tentu jauh lebih sulit. Oleh karena itu, kami mohon dukungan dari semunya,” harap Gzali.

BACA JUGA: PCINU Jepang Support Mahasiswa UIN Bandung KKN ke Jepang

PCINU Jepang memiliki visi solid berkhidmat, menebar maslahat untuk periode kepengurusan berikutnya. PCINU sebagai salah satu elemen jamiyah NU telah menyelesaikan pembayaran lahan dan bangunan seluas 911m2 di Kota Koga, Prefektur Ibaraki, Jepang senilai ¥ 7,822,060 pada Jumat 4 Agustus 2023.

Lahan dan bangunan tersebut akan dijadikan sebagai pesantren NU pertama di Jepang yang berhaluan Islam Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah.

Pesantren ini akan membuka pintu bagi masyarakat umum untuk belajar dan berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas keagamaan. Namun, bagian yang paling menonjol adalah rencana penerimaan santri keturunan Indonesia-Jepang yang memiliki ikatan budaya dan keturunan dari dua negara.

 

Konfercabis PCINU Jepang

 

Sementara itu, Ketua Panitia Konfercabis PCINU Jepang, Indra Frediansyah mengatakan, peserta konferensi terdiri dari perwakilan 12 Majelis Wakil Cabang Istimewa NU (MWCINU) se-Jepang. Adapun tema yang diusung adalah “Mengukuhan Khidmah PCINU Jepang dalam Merawat Jagat dan Membangun Peradaban dengan Islam Rahmatan Lilalamin”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan