Gara-gara Bertemu Menlu Israel, Menlu Libya Dipecat

JABAR EKSPRES- Perdana Menteri Libya memecat Menteri Luar Negeri Najla Mangoush pada hari Minggu dan akan diselidiki setelah Israel mengakui bahwa Menlu mereka Eli Cohen bertemu dengan Mangoush minggu lalu meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik.

Pengakuan Israel tentang pertemuan para menteri, yang membahas rencana kerja sama, memicu reaksi negatif di Libya yang tidak mengakui keberadaan Israel.

Dalam pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Libya, Mangoush sebelumnya telah menolak untuk berjumpa dengan perwakilan Israel dan pertemuan tersebut terjadi “secara tidak sengaja” selama suatu acara di Kementerian Luar Negeri Italia.

Kementerian Luar Negeri Libya menyatakan bahwa interaksi ini tidak melibatkan “perbincangan, kesepakatan, atau konsultasi”. Mereka juga menekankan penolakan terhadap normalisasi hubungan dengan Israel.

Baca juga: Menlu Ukraina Sebut Rusia Bahayakan Pangan Global

Sejak tahun 2020, Israel telah memulai normalisasi hubungan dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Sudan dalam inisiatif yang disebut “Persetujuan Abraham” dan difasilitasi oleh Amerika Serikat.

“Saya berbicara dengan Menteri Luar Negeri (Libya) tentang potensi besar hubungan antara kedua negara ini,” kata Cohen dalam pernyataan.

Menurut Kementerian Luar Negeri Israel, pertemuan yang difasilitasi oleh Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, juga membahas isu-isu kemanusiaan, pertanian, dan pengelolaan sumber daya air.

Baca juga: Menlu AS, Blinken Bertemu Wang Yi di Sela-sela Pertemuan ASEAN

Cohen juga menyampaikan bahwa dia dan Mangoush berbicara tentang pentingnya merawat warisan Yahudi di Libya.

Kebijakan luar negeri Libya saat ini tidak pasti karena konflik yang berlangsung selama bertahun-tahun dan perselisihan internal yang berkaitan dengan kendali pemerintahan dan legitimasi dalam setiap keputusan yang diambil oleh pemerintahan Tripoli.

Pemerintahan Persatuan Nasional (GNU) yang terbentuk pada awal 2021 dengan dukungan PBB, menghadapi tantangan dari pemerintahan di bagian timur yang didukung oleh parlemen sejak awal 2022, karena kegagalan dalam menyelenggarakan pemilihan.

Kebijakan luar negeri GNU, termasuk kerja sama dengan Turki, ditentang oleh parlemen.

Dewan Presiden, yang bertugas mengelola pemerintahan, mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu, meminta Perdana Menteri GNU, Abdulhamid al-Dbeidah, untuk menjelaskan situasi ini.

Tinggalkan Balasan