Motor Listrik Buatan Indonesia Elders Garage Ekspor ke Pasar Eropa

JABAR EKSPRES – Pabrikan otomotif bersaing untuk meluncurkan produksi motor listrik, salah satunya adalah IKM Elders Garage yang merupakan produsen motor listrik lokal.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung langkah yang diambil oleh industri kecil dan menengah (IKM) Elders Garage yang progresif dalam mendukung program elektrifikasi melalui konversi motor listrik.

Terlebih lagi, perangkat konversi plug and play buatan lokal yang mereka gunakan telah diekspor ke berbagai negara di Eropa.

Hal ini berarti ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai nasional semakin luas.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi Elders dan mendorong agar langkah ini dapat dilakukan secara konsisten dan diperluas.

“Kami mendukung Elders Garage sebagai bagian penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Agus pada Jumat (9/6/2023).

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Motor Listrik Mirip Vespa Terbaik Bergaya Modern Retro

Selanjutnya, Elders Garage telah menjalin kontrak kerja sama dengan komunitas Vespa di Swiss untuk mengirimkan 240 unit perangkat konversi motor listrik ke Eropa pada tahun 2023.

Selain itu, IKM asal Jakarta ini juga telah berhasil memproduksi swing arm dan removable battery yang telah diuji, disertifikasi, dan dipatenkan.

Produk konversi yang diproduksi oleh divisi Elders Elettrico Europe akan dipamerkan pada acara Vespa World Days 2023 di Swiss pada tanggal 15-18 Juni 2023 mendatang.

“Saya turut bangga atas karya anak bangsa yang telah berhasil menembus pasar global ini. Kami terus mendukung Elders Garage sebagai bagian penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Agus.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan bahwa sektor industri otomotif sedang didorong untuk melakukan transformasi dalam penggunaan energi yang ramah lingkungan.

Selain itu, industri otomotif juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, dengan adanya potensi pasar domestik yang besar.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di dalam negeri pada tahun 2022 mencapai 1,05 juta unit.

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat bahwa penjualan kendaraan bermotor roda dua telah mencapai 5,22 juta unit sepanjang tahun 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan