Ketahui 3 Ciri Penting Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Hati-Hati!

JABAREKSPRES = Orang tua perlu mengetahui terkait ciri gejala penyakit gagal ginjal akut yang saat ini tengah meningkat signifikan menyerang anak usia 0-18 tahun.

Pihak Kementerian Kesehatan RI bahkan menyebutkan bahwa sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini.

Hal ini disampaikan dalam unggahan di Instagram @kemenkes_ri  yang juga menjelaskan investigasi masih terus dilakukan oleh pihaknya bersama IDAI, Badan POM, ahli epidemologi dan puslabfor.

Oleh karena itu sebagai bentuk kewaspadaan dini, orang tua perlu mengetahui seputar ciri, gejala dan penanganan pada pasien gagal ginjal akut.

Perlu para orang tua pahami bahwa penyakit gagal ginjal akut ini bukanlah penyakit menular.

Namun, orang tua harus selalu memantau kesehatan buah hatinya. Apabila anak tiba-tiba mengalami penurunan jumlah urine, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Berikut ini adalah 3 ciri gejala gagal ginjal akut menurut Kemenkes RI:

  1. Demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun
  2. Gejala infeksi saluran cerna (mual dan muntah)
  3. Warna urine berubah menjadi coklat, juga mengalami penurunan jumlah urin hingga tidak buang air kecil sama sekali

Apabila terjadi 3 gejala di atas, maka harap anak segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut apabila mengalami gejala khas yaitu penurunan jumlah dan frekuensi Buang Air Kecil (BAK) atau tidak ada urin selama 12 jam.

Pastikan anak Anda mendapatkan cairan yang cukup selama sakit.

Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang, namun selalu waspada dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi obat dengan baik dan benar serta konsumsi air putih yang cukup.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan