oleh

SMA Negeri 1 Cicalengka Terapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran Baru 2022

CICALENGKA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 untuk tingkat SMA sederajat di wilayah Jawa Barat tengah berlangsung. SMA Negeri 1 Cicalengka yang berlokasi di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung akan menerapkan sistem pembelajaran kurikulum berbeda pada tahun ajaran baru 2022.

Humas SMA Negeri 1 Cicalengka, Tedi Gunawan menyampaikan, perbedaan kurikulum tersebut mengikuti anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu sekolah merdeka.

“Sebelum pandemi, masih kurikulum biasa. Saat pandemi, kurikulum jadi darurat. Disederhanakan jumlah kompetensi dasarnya, penyederhanaan yang substansial saja,” ujar Tedi kepada Jabar Ekspres, Kamis (23/6).

Baca Juga:  SMA Bina Muda Siap Terapkan Profil Belajar Pancasila dengan Sistem PBL

Tedi menjelaskan, kurikulum darurat yang diterapkan SMA Negeri 1 Cicalengka saat pandemi Covid-19 masih mengacu pada kurikulum 2013. Namun Kompetensi Inti atau Kompetensi Dasar (KI/KD) yang disederhanakan.

“Belakangan namanya berubah jadi kurikulum prototipe, barangnya sama (kurikulum darurat). Jadi masih kurikulum 2013. Namun KI/KD yang disederhanakan,” ujar Tedi.

“Prototipe itu untuk menanggulangi kekosongan akibat tidak belajar, karena tidak mungkin misalkan dalam 1 tahun ada 100 materi yang harus diajarkan, karena tidak tatap muka maka tidak akan sampai, makanya disederhanakan,” tambahnya.

Baca Juga:  SMA Bina Muda Siap Terapkan Profil Belajar Pancasila dengan Sistem PBL

Diterangkan Tedi, untuk saat ini setelah diterapkannya kurikulum prototipe, diganti lagi dengan menerapkan kurikulum merdeka.

“Kurikulum merdeka ini diterapkan di sejumlah sekolah penggerak untuk uji cobanya,” ucap Tedi.

“Itu hanya terbatas beberapa sekolah saja dan mereka dapat bantuan dari pemerintah untuk melaksanakan kurikulum penggerak (merdeka),” lanjutnya.

Tedi mengatakan, untuk sementara ini SMA Negeri 1 Cicalengka masih menerapkan sistem kurikulum 2013.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.