SMA Negeri 1 Cicalengka Terapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran Baru 2022

“Setelah kurikulum merdeka ini diterapkan, pemerintah memilih 3 opsi kepada setiap sekolah. Ada kurikulum mandiri belajar, kurikukum mandiri berubah dan ada disebut kurikulum mandiri berbagi,” imbuhnya.

Tedi memaparkan perbedaan 3 opsi tersebut, untuk kurikulum mandiri belajar penerapannya masih mengacu pada kurikulum 2013 dengan KI/KD kurikulum prototipe. Namun ditambahkan karakter kurikulum merdeka.

“Ciri khas kurikulum merdeka yang ditambahkan itu ada kegiatan projek. Jadi planning dibuat dengan kolaborasi berbagai guru mata pelajaran. Nanti mereka membuat tugas projek yang dikerjakan oleh siswa secara berkelompok,” papar Tedi.

“Berbasis masalah untuk menghasilkan temuan (solusi). Kalau mahasiswa S1 itu sikripsi ini (SMA) menghasilkan karya tulis, dengan porsi dalam 1 tahun minimal membuat 3 (karya tulis),” lanjutnya.

Adapun opsi kurikulum mandiri berubah, pembelajarannya menerapkan materi baru yang disiapkan pemerintah dengan sistem dan contoh yang sudah ada penetapannya.

Sementara untuk kurikulum mandiri berbagi, pihak sekolah diberikan hak untuk menambahkan atau mengurangi bobot materi pembelajaran yang diterapkan bagi siswa.

Tedi menegaskan, untuk tahun ajaran baru pada 2022 ini, SMA Negeri 1 Cicalengka akan menerapkan kurikulum merdeka dengan opsi mandiri belajar.

“Sekarang masih dalam tahap belajar mirip-mirip uji coba. Kita sudah konsepkan dan akan terapkan opsi mandiri belajar. Nantinya kurikulum merdeka ini keseluruhan akan diterapkan secara nasional semua (sekolah) di tahun 2024 (mendatang),” pungkasnya.

“Harapannya kami kembali kepada tujuan lembaga institusional supaya lulusan SMA bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat sarjana. Adapun dengan opsi kurikulum merdeka ini, diharapkan siswa mempunyai lifeskill dan lebih percaya diri untuk survive di kehidupan bermasyarakat,” tutup Tedi. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.