4 Rahasia Kiat Menciptakan Rumah Menjadi Surga, Baiti Janati

JABAR EKSPRES – Rumah yang nyaman tidak selalu harus rumah yang besar dan mewah. Namun rumah yang penuh dengan kehangatan kasih sayang para penghuni didalamnya. Berikut kiat untuk menciptakan rumah menjadi surga bagi apra penghuninya.

Untuk menciptakan rumah menjadi surga bagi orang yang didalamnya, tentulah bukan perkara mudah. Saat ini sangat banyak orang yang memilih untuk tidak pulang kerumah karena enggan bertemu dengan orang-orang rumah.

Banyak yang memiliki rumah besar dan mewah namun sangat sepi dari tawa dan canda orang didalamnya, jarang pula terdengar lantunan alquran dan sholawat.

Baca juga : Bukti Bahwa Orang Tua Menjadi Salah Satu Pintu Surga

Tidak sedikit yang merasa tidak betah tinggal dirumahnya sendiri, hal ini karena banyak yang menganggap rumah sebagai neraka karena tidak menemukan kebahagiaan, kedamaian dan ketenangan.

Berikut beberapa tips agar rumah menjadi serasa surga:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

1. “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

-سورة الروم, آية ٤١

Kalau salah satu anggota keluarga tidak betah, maka setiap anggota keluarga harus berinstropeksi. Dan tentunya banyak beristighfar.

2. Terangi rumahmu dengan sholat dan Al quran

{وَنُنزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِين}

“Dan Kami turunkan di dalam al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”
(QS al-Israa’: 82).

Dan Nabi shallallahu’alaihi wassalam bersabda:

“نوروا منازلكم بالصلاة وقراءة القرآن”

“Terangilah rumah-rumahmu dengan dengan shalat dan membaca al-Qur’an.”
(HR. Baihaqi)

Baca juga :   7 Dosa yang Sebabkan Pelakunya Haram Masuk Surga

Untuk laki-laki,
sholatlah sunnah di rumah kalian karena itu lebih utama, dan lebih menjaga hatimu.

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ صَلَاةُ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الْمَكْتُوبَةَ

“Wahai manusia, shalatlah kalian di rumah-rumah kalian, sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang yang dilakukannya di rumahnya, kecuali shalat fardlu.”
(HR Bukhari)

Kebanyakan orang memenuhi rumahnya dengan perabotan, menghadirkan di rumahnya penghias yang mahal,
namun dia lupa mengahadirkan Allah pemberi rahmat dan keberkahan ke dalam rumahnya.

3. Rumah yang nyaman, dan tetangga yang baik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan