Bukti Bahwa Orang Tua Menjadi Salah Satu Pintu Surga

JABAR EKSPRES – Akhir-akhir ini seringkali mendengar berita tentang anak yang menyakiti orang tuanya sendiri bahkan ada yang tega menghabisi nyawanya. Padahal orang tua bisa menjadi salah satu pintu surga baginya.

Hal ini banyak disebutkan dalam hadits dan selalu diingatkan oleh para dai dan penceramah, bahwa memuliakan orang tua akan memberikan dampak baik bagi manusia, baik saat masih hidup di dunia maupun nanti di akhirat.

Karena dengan memuliakan orang tua dan mengutamakannya maka kita juga akan dimuliakan oleh Allah.

Baca juga : 7 Ucapan Hari Anak Sedunia 2023 Bagi Anak Sudah Meninggal Penuh Doa dan Rindu dari Orang Tua

Bahkan ridho orang tua juga disebutkan sebagai ridho dari Allah juga.

Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu darda menyebutkan:

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَاحْفَظْهُ، وَإِنْ شِئْتَ فَضَيِّعْهُ

Dari Abu Darda, ia berkata:
“Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Jika mau, maka engkau bisa menjaganya; dan jika engkau mau, maka engkau bisa menyia-nyiakannya.”
(Hadits shahih. HR. Ahmad (no. 27), at-Tirmidzi (no. 1900), Ibnu Majah (no. 2089, 3663). Lihat Silsilatul Ahaadits ash-Shahiihah (no. 914).

Zainuddin al-Munawi (wafat 1031 H) menjelaskan hadits ini:
“Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Yaitu ketaatan dan tak durhaka kepada kedua orang tua akan mengantarkan seseorang menuju surga dari pintu surga yang paling baik.”

Demikian penjelasan Imam Abu Fadhl al-Iraqy (wafat 806 H). (Lihat Faidhul Qadir oleh al-Munawi (VI/371).

Imam Nashiruddin al-Baidhowi (wafat 685 H) mengatakan:
“Orang tua adalah pintu surga yang paling baik, maknanya, sebaik-baik amalan yang menjadi sarana masuk surga dan sebagai pengantar menuju surga adalah ketaatan kepada orang tua dan mengayomi kedua orang tuanya.”

Dari beberapa hadits tersebut bisa diambil Intisari sebagai berikut:

1. Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan sebab masuk surga dan dibukakan pintu-pintunya.

2. Keridhoan kedua orang tua lebih didahulukan daripada keridhoan istri.

3. Jika seorang menyukai sesuatu, namun orang tua minta ia meninggalkan apa yang dicintainya itu sehingga ia bersedih atasnya, maka hal terbaik yang mesti ia kerjakan adalah meminta pertimbangan dan masukan ulama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan