Hati-hati, Tidak Semua Amalan di Bulan Rajab Sesuai Sunnah Rosulullah

JABAR EKSPRES – Memasuki bulan Rajab, banyak amalan yang dilakukan umat muslim. Hal ini karena Bulan Rajab merupakan bulan mulia atau bulan Haram, dimana setiap ibadah yang kita lakukan akan digandakan pahalanya.

Karenanya banyak yang berlomba-lomba melakukan amalan yang kadang sampai tidak ada tuntunannya. Hal ini bukannya mendapatkan pahala, justru menjadi bid’ah yang mengada-ada.

Karenanya umat muslim diharapkan lebih berhati-hati dalam melakukan amalan, khususnya yang dihubung-hubungkan dengan bulan Rajab.

Baca juga : Rahasia Mulianya Bulan Rajab

Sebaiknya mencari referensi atau menambah ilmu melalui majelis-majelis dan kajian sunnah, untuk mencari tahu amalan apa saja yang sesuai dengan sunnah Rosulullah yang bisa dilakukan di bulan Rajab.

Beberapa amalan yang beredar dimasyarakat, namun diduga tidak berdasarkan sunnah Rosulullah diantaranya, dijelaskan dalam laman muslim.or.id.

1. Mengkhususkan Shalat Tertentu dan Shalat Roghoib

Tidak ada satu shalat yang dikhususkan pada bulan Rajab, juga tidak ada anjuran untuk melaksanakan shalat Roghoib pada bulan tersebut.

Sehingga amalan bulan Rajab yang satu ini tidak perlu diamalkan.

Shalat Roghoib atau biasa juga disebut dengan shalat Rajab adalah shalat yang dilakukan di malam Jum’at pertama bulan Rajab antara shalat Maghrib dan Isya.

Di siang harinya sebelum pelaksanaan shalat Roghoib (hari kamis pertama bulan Rajab) dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah.

Jumlah raka’at shalat Roghoib adalah 12 raka’at. Di setiap raka’at dianjurkan membaca Al Fatihah sekali, surat Al Qadr 3 kali, surat Al Ikhlash 12 kali.

Kemudian setelah pelaksanaan shalat tersebut dianjurkan untuk membaca shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak 70 kali.

Di antara keutamaan yang disebutkan pada hadits yang menjelaskan tata cara shalat Raghaib adalah dosanya walaupun sebanyak buih di lautan akan diampuni dan bisa memberi syafa’at untuk 700 kerabatnya.

Baca juga : Amalan di Bulan Rajab Berdasarkan Hadist Shohih, Pastikan Mengikuti yang Benar

Namun hadits yang menerangkan tata cara shalat Roghoib dan keutamaannya adalah hadits maudhu’ (palsu).

Ibnul Jauzi meriwayatkan hadits ini dalam Al Mawdhu’aat (kitab hadits-hadits palsu).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan