5 Cara Meraih Hidayah dari Allah, Agar Semakin Dekat Menuju Surga

JABAR EKSPRES – Setiap umat muslim selalu berdoa agar diberikan hidayah dari Allah. Namun hidayah tidak selalu serta merta datang menghampiri kita. Kita juga harus berusaha untuk mendekat kepada Allah dan berusaha meraihnya. Inilah cara meraih hidayah dari Allah yang bisa kita coba.

Dilansir dari tulisan Ustadz Muhammad Afifudin dilaman asysyariah.com, memberikan beberapa gambaran kepada umat manusia yang ingin selalu berada didekat allah, agar melakukan beberapa hal yang yang disukai oleh Allah, dan merupakan cara untuk meraih hidayah dari Allah.

Cukup banyak alasan seseorang bisa mendapatkan hidayah yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam ayat-ayat Al-Qur’an, beberapa akan dijelaskan dalam tulisan ini.

Baca juga :  Ciri-ciri yang Tampak Pada Orang yang Mendapatkan Hidayah

JIka ingin selalu bisa mendapatkan hidayah, maka kita harus rajin berusaha untuk meraihnya, diantaranya melakukan beberapa hal berikut yang bisa menjadi cara untuk meraih hidayah dari Allah ini:

1. Berpegang teguh dengan agama Allah subhanahu wa ta’ala.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمَن يَعۡتَصِم بِٱللَّهِ فَقَدۡ هُدِيَ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسۡتَقِيمٍ

Barang siapa berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (Ali Imran: 101)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan ayat di atas, Berpegang teguh dengan (agama) Allah subhanahu wa ta’ala dan bertawakal kepada-Nya merupakan pegangan dalam hidayah, bekal untuk menjauhi kesesatan, sarana menuju jalan petunjuk, jalan yang lurus, dan tercapainya cita-cita.” (Tafsir Ibnu Katsir)

2. Menaati dan mengikuti Rasulullah

Caranya adalah dengan menjalankan perintah beliau dan menjauhi larangannya, mengkaji dan mengamalkan sunnahnya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِن تُطِيعُوهُ تَهۡتَدُواْۚ وَمَا عَلَى ٱلرَّسُولِ إِلَّا ٱلۡبَلَٰغُ ٱلۡمُبِينُ

Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.” (An-Nur: 54)

Tidak ada jalan bagi kita untuk meraih hidayah melainkan dengan cara menaati Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Tanpa itu, maka tidak mungkin, bahkan mustahil,” tutur Syaikh Abdurrahman as-Sa’di rahimahullah dalam Tafsir-nya.

Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan