Agar Terhindar dari Infeksi, Ini Cara Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir Menurut Dokter

JABAR EKSPRES – Dokter spesialis anak dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, dr Dini Safitri Zahara, SpA, menjelaskan cara merawat tali pusat bayi baru lahir agar terhindar dari risiko infeksi dan komplikasi lainnya.

“Tali pusat bayi akan mengering dan lepas antara satu sampai tiga minggu setelah lahir,” kata Dini dikutip dari Antara, Selasa (19/9/23).

Dokter anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini menjelaskan bahwa tali pusat adalah bagian alami dari pertumbuhan dan perkembangan bayi, yang bertanggung jawab untuk menghubungkan bayi dengan plasenta di dalam rahim.

Tali pusat terdiri dari pembuluh darah dan jaringan ikat yang membantu mengangkut nutrisi, oksigen, dan membawa limbah dari bayi ke ginjal ibu untuk dieliminasi.

BACA JUGA : Mencegah Penularan HIV Dengan Konsep “ABCDE”, Milenial Harus Tau!

Setelah lahir, pemotongan tali pusat secara fisik dan simbolis memisahkan ibu dari anaknya.

Setelah itu, tali pusat akan mengering dan lepas, membantu luka dari tali pusat yang masih menempel pada tubuh bayi untuk sembuh.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa seperempat dari kematian neonatal (kematian sebelum usia satu bulan) di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi, dengan 75% terjadi pada minggu pertama kehidupan. kehidupan. Tali pusar pertama bayi yang masih utuh. kawat pintu.

Tali pusat adalah tempat utama masuknya bakteri, sehingga ada risiko infeksi tali pusat. Bahkan, risiko infeksi ini bisa meningkat hingga tunggulnya lepas.

Dokter spesialis anak dari Universitas Sebelas Maret menyebutkan sebelum tali pusat lepas, ibu harus memperhatikan beberapa hal, antara lain perawatan tali pusat yang ideal untuk bayi dan pemilihan popok yang tepat.

Saat bayi lahir, tali pusat akan dipotong oleh petugas medis dan ujungnya akan dibersihkan dengan kapas atau kain kasa yang mengandung alkohol cair 70%.

BACA JUGA : Waspada Virus Nipah, Segera ke Dokter Jika Mengalami Gejala Ini

Pada prinsipnya, penting untuk menjaga agar tali pusat tetap kering, tidak basah, dan bersih. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu membersihkan dengan sabun atau cairan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan