Fenomena Komet Nishimura Menggunakan Kamera Digital di Jepang

JABAR EKSPRES – Dalam sebuah peristiwa luar biasa, astronom terkemuka asal Jepang, Hideo Nishimura, telah mengungkap sebuah penemuan yang mencengangkan, sebuah komet yang kini di kenal sebagai Komet Nishimura.

Namun, yang membuat temuan ini semakin menarik adalah bagaimana Komet Nishimura ini di temukan  dengan menggunakan hanya kamera digital.

Kisah menakjubkan ini berawal ketika Nishimura tengah sibuk memotret langit malam pada 11 dan 12 Agustus 2023.

Dengan menggunakan eksposur selama 30 detik melalui kamera digitalnya, ia tak di sangka menemukan jejak Komet Nishimura yang kini menghiasi langit kita.

Baca juga : Fenomena Menarik Apa Itu Gempa Swarm di Salatiga yang Perlu Diketahui

Sejak saat itu, kecerlangan C/2023 P1 Nishimura semakin memikat hati, dan rutenya yang melintasi Tata Surya pun berhasil di rekonstruksi.

Menurut laporan dari NASA, ketika komet ini mendekati Matahari, kecerlangannya di harapkan terus meningkat, bahkan ada potensi bahwa pada awal September, Komet Nishimura dapat menjadi objek yang dapat terlihat dengan mata telanjang.

Namun, ada catatan penting, Komet ini akan berada sangat dekat dengan Matahari, sehingga pengamatannya hanya mungkin saat Matahari terbenam atau terbit.

Tidak hanya itu, karena orbitnya yang mendekati planet Merkurius, ada kemungkinan inti komet ini akan pecah.

Tak dapat di pungkiri, kecerlangan komet ini sekarang mencapai sekitar magnitudo 9,2, artinya bagi para pengamat di langit gelap, Komet Nishimura dapat terlihat melalui teleskop.

Salah satu aspek yang menarik adalah ekor komet ini yang membentang hingga delapan menit busur.

Keindahan ini akan semakin memukau dan ekor komet akan terus bertambah panjang ketika mendekati Matahari, sesuai dengan informasi yang di ambil dari Earthsky.

Tidak hanya menarik secara visual, Komet Nishimura juga menampilkan pergerakan yang luar biasa.

Dalam bukti yang mengesankan, komet ini baru-baru ini melewati orbit Bumi pada pertengahan Agustus dan di perkirakan akan mencapai orbit Venus pada akhir Agustus.

Bagi gambaran, jarak antara Bumi dan Venus adalah sekitar 45 juta kilometer.

Melalui perhitungan orbit yang teliti, NASA menyimpulkan bahwa Komet Nishimura memiliki periode orbit sekitar 202 tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan