Ini Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Suhu Dingin di Bandung

JABAR EKSPRESFenomena suhu dingin yang terjadi pada sumlah wilayah di Indonesia, termasuk Bandung dan sekitarnya dijelaskan oleh Kepala Badan Meteoroli, Klimatlogi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Teguh Rahayu.

Menurut Teguh Rahayu, suhu dingin yang terjadi belakangan ini merupakan fenomena alamiah yang memang umum terjadi saat memasuki masa puncak kemarau pada bulan Juli hingga Agustus.

“Pada tanggal 14-18 Juli, BMKG mencatat suhu Kota Bandung sempat mengalami kenaikan dari 19 derajat ke 20 derajat celsius. Namun pada tanggal 18 Juli memang terjadi penurunan suhu ke 17 derajat celsius,” ujar Teguh Rahayu pada Kamis (20/7), dikutip dari bandung.go.id.

Berdasarkan laporan BMKG Kota Bandung tersebut, tercatat dalam 5 hari terkahir yakni dari tanggal 14-18 Juli 2023 suhu di Bandung menyentuh suhu minimum yakni hingga 17 derajat celsius, di bawah suhu normal.

Baca Juga: Fenomena Suhu Dingin di Bandung, Ternyata Ini Penyebabnya

Teguh Rahayu menyebut jika suhu dingin ekstrem umumnya memang terjadi ketika musim kemarau, apalagi saat malam hari.

Hal ini dikarenakan pada malam hari, energi akan dilepaskan oleh bumi akibat tidak adanya awan. Sehingga, radiasi yang tersimpan di permukaan bumi akan dilepaskan secara maksimal saat malam hari hingga dini hari.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada siang hari, dimana terik matahari akan maksimal terpancarkan dan membuat permukaan bumi menerima radiasi dengan penuh.

“Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah suhu minimum atau udara dingin yang ekstrem di malam hingga dini hari,” papar Teguh Rahayu.

Kemudian Teguh Rahayu juga menyebut, jika penyebab lain dari suhu dingin pada musim kemarau diakibatkan terjadinya musim dingin di Australia.

Pola tekanan udara tinggi itu membuat timbulnya pergerakan masa udara ke wilayah Indonesia. Hal inilah yang disebut sebagai Angin Muonsun Australia.

Baca Juga: Fenomena Suhu Dingin di Bandung Diperkirakan hingga Agustus, Masyarakat Diimbau Pakai Jaket di Malam Hari

Teguh Rahayu mengungkapkan jika fenomena suhu dingin di wilayah Indonesia ini akan berlangsung hingga bulan Agustus 2023. Sedangkan, suhunya akan berangsur hangat pada kembali awal bulan September.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan