Gaji Rp 5 Juta Akan Kena Pajak Penghasilan, Begini Cara Perhitungannya!

Jabarekspres  – Untuk masyarakat yang memiliki penghasilan Rp 5 juta per bulan, pemerintah sudah menerapkan tarif pajak penghasilan (PPh) sebesar 5 persen.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mentakan, sebetulnya kebijakan itu bukanlah aturan baru dan tidak ada penambahan beban untuk wajib pajak (WP). Perubahan hanya berlaku pada tarif di atas 35 persen

Jadi yang berubah itu lapisannya yang dulu ditetapkan penghasilan Rp 50 juta per tahun kini menjadi Rp 60 juta per tahun.

‘’Jadi tidak ada pemberlakuan tarif pajak baru untuk lapisan golongan tersebut,’’ kata Suryo kepada wartawan dalam acara Media Ghatering di Jakarta, Selasa, (10/1).

Dia mengatakan, jika masyarakat memiliki penghasilan Rp 5 Juta perbulan, maka memiliki total penghasilan sebesar Rp 60 juta per tahun.

Sehingga, untuk skema perhitungannya adalah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) jika belum memili istri dan tanggungan adalah Rp 54 juta per tahun.

‘’Dari penghasilan 54 juta itu tinggal dikurangi 60 juta. Maka hasilnya Rp 6 juta yang akan dikenakan tarif PPh 5 persen,’’ kata Suryo.

Dengan begitu, jika pegawai berpenghasilan Rp 5 juta per bulan, akumulasi pembayaran pajak hanya Rp 300.000 setahun atau Rp 25.000 per bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *