oleh

Setelah 86 tahun, Akhirnya Masjid Hagia Sophia bisa Gelar salat Tarawih, Ini Sebabnya

JABAREKSPRES.COM – Setelah selama 86 tahun Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki, akhirnya bisa melaksanakan salat Tarawih untuk pertama kalinya pada Jumat (1/4) malam.

Masjid yang termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO ini pernah dialih fungsikan menjadi Gereja selama 916 tahun hingga 1453 M.

Kini umat Islam di Turki bisa melaksanakan salat di tempat tersebut, setelah sejak 1934 menjadi museum. Hingga pada 24 Juli 2020 lalu, pihak administrasi setempat mengubah status Hagia Sophia menjadi masjid.

Baca Juga:  Ustaz Felix Siauw Tanggapi Fitnah Terhadap UAS: Dulu Tiap Pekan Saya ke Gereja, Gak Difitnah

Namun karena pembatasan akibat Covid-19 di Turki, masjid tersebut tidak dapat digunakan sejak pandemi dua tahun lalu. Seperti di berbagai negara di dunia, aturan pembatasan itu guna mengantisipasi penyebaran virus.

Kini, sebagian besar masyarakat telah divaksin, jumlah kasus baru serta kematian menurun, dan jumlah pemulihan terus meningkat setiap hari. Dengan alasan tersebut, pihak berwenang Turki memutuskan untuk membuka kembali Masjid Hagia Sophia untuk kebutuhan beribadah Ramadan 2022.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.