Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok

DEPOK – Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok resmi dilakukan setelah dilakukan peletakan batu pertama atau (ground breaking ceremony), Senin (14/2) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, di Kota Depok dengan jumlah penduduknya mencapai 2 juta jiwa maka persoalan kota yang dialami saat ini adalah kemacetan lalu lintas.

“Kemacetan-kemacetan ini tentunya harus diurai dengan rekayasa-rekayasa yang akan kita lakukan,” ujar Ridwan Kamil.

Pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika rencananya akan dibangun sepanjang 470 meter dengan dua jalur untuk satu arah. Ridwan Kamil juga berharap Pemkot Depok tetap produktif dalam mewujudkan kota yang layak bagi warganya meski saat ini masih dibayang-bayangi oleh Omicron.

Ridwan Kamil mengungkapkan, 80 persen kasus Covid-19 di Jawa Barat itu berada di Kota Depok.

“Dengan posisi Depok yang menempel dengan Jakarta warga Depok harus sudah lebih waspada dan prokes. Menurut saya, yang penting adalah prokes saja, sekarang Covid-19 tidak menghalangi produktivitas,” katanya.

“Rumusnya itu saja. Kalau varian Delta pada Juli lalu daya fatalitas 13 kali lipat kebahayaannya makanya banyak yang meninggal. Kalau omicron hanya 1,3 kali lebih bahaya dari flu biasa, jadi sudah hampir sama,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Underpass Dewi Sartika Sepanjang 470 meter dikerjakan dalam 300 hari dan akan dibangun sepanjang 470 meter dengan dua jalur untuk satu arah. Nantinya, underpass tersebut akan menghubungkan Jalan Dewi Sartika menuju ke arah Jalan Raya Margonda.

Hal ini disampaikan oleh Yudha Tamtam, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) underpass UPTD 1 Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat pada Rabu (9/2).

Kata Yudha, kontraktor proyek sudah ditetapkan dan akan dilakukan tanda tangan kontrak pada esok hari. Adapun pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika rencananya akan dibangun sepanjang 470 meter dengan dua jalur untuk satu arah.

“Rencananya luasnya 470 meter panjanganya dibagun dengan 1 tahun anggaran. Ini digunakan dua jalur satu arah,” kata Yudha.

Proyek pembangunan Underpass di Jalan Dewi Sartika, Depok akan dimulai pada awal bulan Februari 2022 dan diharapkan sudah bisa digunakan warga pada awal tahun 2023 mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan