oleh

Antivirus Covid-19 Rekomendasi WHO,  Siap Digunakan Awal Bulan Depan

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan merekomendasikan obat antivirus Covid-19 Molnupiravir buatan Merck pada awal Februari 2022. Saat ini obat tersebut sedang ditijau ulang oleh para peneliti WHO.

Kepala manajemen klinis WHO Janet Diaz menyebutkan, selain obat buatan Merck, grup Pengembangan Pedoman WHO juga mengevaluasi pil buatan Pfizer yaitu Paxlovid sebagai obat Covid-19.

“Kami akan melihat data (pil Pfizer) pada Februari dan untuk pengumumannya kemungkinan pada akhir bulan itu,” sebut Diaz.

Baca Juga:  Indonesia Bakal Produksi Obat Covid-19 Molnupiravir

Panel WHO menyarankan penggunaan dua obat sekaligus untuk pengobatan pasien Covid-19, karena opsi pengobatan di tengah penyebaran varian Omicron membuat banyak obat tidak manjur.

Dua obat yang direkomendasikan tersebut adalah buatan Eli Lilly dan GlaxoSmithKline/Vir Biotechnology.

Diaz menuturkan bahwa sejumlah antibodi monoklonal memperlihatkan gangguan netralisasi terhadap Omicron yang sangat menular dan mungkin kurang ampuh untuk melawannya.

Namun, ia berpendapat bahwa terapi itu bukan merupakan perubahan besar sebab saat ini tersedia berbagai opsi terapi untuk Covid-19.

Baca Juga:  Tsunami Omicron Mengancam, WHO Sebut Sepekan Terakhir Jadi Rekor Tertinggi Selama Pandemi

“Kami juga sedang meneliti pil antivirus untuk pengembangan resistensi,” kata Diaz.

Sementara itu Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Amarox Pharma Global menargetkan obat antivirus Covid-19 Molnupiravir dapat diproduksi di dalam negeri mulai April atau Mei 2022.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga