Mengatasi Sakit Kepala dengan Cara Alami, Ini Langkahnya

JAKARTA – Sakit kepala bisa didefinisikan merupakan rasa nyeri yang timbul disekitar daerah kepala, bisa diseluruh kepala atau sebagian kepala. Banyak Cara mengatasi sakit kepala salah satunya dengan cara yang alami.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari dampak buruk apabila terlalu sering menggunakan obat-obatan kimia.

Sakit Kepala biasanya sebuah gejala dari suatu penyakit, atau suatu kebiasaan yang tidak semestinya dilakukan, seperti kurang istirahat, minum alkohol, menatap layar komputer terlalu lama dan lainnya.

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala. Agar tidak ketergantungan dengan obat kimia, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Minum air

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, beberapa proses metabolisme terpengaruh dan kekeringan di dalam sistem tubuh bisa memicu sakit kepala.

Saat Anda mulai merasakan sakit kepala datang, minumlah banyak air, jika memungkinkan, minumlah air hangat.

Selain memberikan hidrasi, langkah ini juga membantu mengatur pergerakan usus dan pada orang yang menderita sembelit, minum air hangat bisa membantu menghilangkan racun yang menyebabkan sakit kepala.

2. Pijat dengan minyak esensial

Minyak atsiri seperti lavender, peppermint dan eucalyptus memiliki kemampuan untuk menimbulkan relaksasi yang mendalam dan ini menjadikannya obat yang efektif untuk sakit kepala.

Ambil beberapa tetes salah satu dari minyak ini ke jari-jari Anda dan gosokkan dengan lembut ke kulit di pelipis, dahi, dan bahkan bagian belakang leher Anda.

Berbaringlah di ruangan yang tenang, sejuk dan gelap dengan mata tertutup lembut dan saat Anda menghirup uap minyak obat ini, kamu pasti akan merasakan sakit kepala berkurang intensitasnya.

3. Inhalasi uap

Beberapa penyebab sakit kepala adalah akibat dari kemacetan di rongga hidung dan sinus.

Dalam kasus seperti itu, beberapa menit menghirup uap akan membantu menghilangkan kemacetan dan sakit kepala Anda akan hilang tanpa bekas.

Untuk membuat pengalaman lebih santai, tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang disebutkan di atas ke dalam air di inhaler atau neti pot Anda.
4. Kayu Cendana

Ada cara alami yang bisa mengatasi sakit kepala, yakni dengan menggunakan kayu cendana. Cendana memiliki sifat pendinginan yang luar biasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan