Kartu Pengawas Angkuta Umum Palsu Ditemukan Saat Razia Gakum di Cimahi

CIMAHI – Kartu Pengawas (KP) palsu kembali ditemukan dalam gelaran Penegakan Hukum (Gakum) di Jalan Cilember, Kota Cimahi, Kamis (27/2/2020). Gakum digelar untuk menekan kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan pengendara.

Berdasarkan pantauan, Gakum dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi dan unsur TNI mulai memeriksa kendaraan angkutan barang, angkutan umum dan kendaraan peribadi yang lewat.

Kendaraan baik roda dua dan roda empat satu per satu dihentikan personel gabungan untuk diperiksa kelengkapan surat berkendaranya. Dari mulai SIM, STNK, kartu uji KIR hingga KP.

Kepala Seksi Angkutan pada Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengungkapkan, dari puluhan pelanggaran itu, satu di antaranya ditemukan kartu pengawas palsu angkutan barang. “Tadi ditemukan kartu pengawasan palsu dari pemilik truk. Ini kita yakini palsu, kita tarik dari pemilik kendaraan,” ungkap Ranto.

Dikatakannya, domisili kartu pengawas itu berasal dari Kota Bandung yang dikeluarkan Dinas Perhubungan setempat. Padahal, jelas Ranto, sejak tahun 2017 Dishub sudah tak lagi mengeluarkan kartu pengawas. Sebab, kartu itu di Kota Bandung sudah dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat.

“Kami duga ini bikin sendiri karena produk ini sudah tak diterbitkan Dishub sejak 2017 melalui,” ujarnya.

Selain kartu pengawas, dalam operasi gabungan juga petugas menemukan pelanggaran administrasi lainnya. Seperti masa uji berkala habis. Sementara dari segi teknis, kata Ranto, petugas juga masih menemukan angkutan yang melebihi kapasitas angkut.

“Tadi ditemukan juga kendaraan yang over load,” ucapnya.

Ditegaskan Ranto, kegiatan seperti ini dilakukan untuk mengecek kelaikan kendaraan dan mengetahui kepatuhan pengendara terkait kelengkapan surat-suratnya.

“Tujuan akhirnya, supaya tingkat kecelakaan semakin menurun dan kepatuhan masyarakat dalam berkendara seperti kelengkapan surat-surat itu bisa meningkat,” jelasnya. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan