16

PDU Lestarikan Tari Jaipong Sejak Dini

Evaluasi Jadi Ajang Pe­nilaian dan Kemampuan

SELALU EKSIS: Pengurus Sanggar, orang tua siswa dan para anak didik Padepokan Daeng Udjo akan tetap berkomitmen melestarikan seni tari Jaipongan sebagai warisan budaya sunda.

BANDUNG – Padepokan Daeng Udjo (PDU) meng­gelar evaluasi untuk siswa didik dibidang seni tari Jai­pong yang telah memasuki periode ke tiga. Acara yang di gelar di Ubertos Mall Ujungberung tersebut diik­uti sebanyak 70 siswa dengan berbagai kategori.

Owner sekaligus pembina PDU Linda Anggraeni men­gatakan, semenjak berdirinya sanggar tari di PDU antusian masyarakat yang ingin anaknya mengikuti kursus sangat ba­gus. Bahkan, tercatat saat ini PDU memiliki ratusan murid yang memiliki minat di seni tari Jaipong.

’’Ini sangat bagus, karena kesenian tradisional asli sunda memiliki banyak ge­nerasi penerus,”jelas Linda ketika ditemui kemarin. (2/12).

Menurutnya, pada acara evaluasi kali ini merupakan ajang penilaian bagi siswa didik untuk berani tampil di depan publik. Dengan begitu, anak-anak akan memperoleh pengalaman dan kepercayaan diri.

Selain itu, dalam pembina­annya PDU selalu ikut ber­partisipasi dalam ajang lom­ba, baik skala kota Bandung, Provinsi maupun nasional.

’’Alhamdulillah berbagai prestasi telah diraih sama anak-anak, berkat kerja keras dalam latihan dan pembi­naan,” kata dia.

Sementara itu, Guru dan Instrusktur Tari Ambu Susan mengatakan, evaluasi dija­dikan ajang untuk mencari potensi bagi siswa didik yang memiliki kemampuan. Se­bab, secara teknis siswa sama persis ketika mengik­uti lomba.

’’ Ya meski ini sifatnya inter­nal, tetapi untuk penilaian kami senagaja mengundang juri dari luar. Jadi kemam­puan anak didik bukan saya yang menilainya,”kata dia.

Ambu menilai, selama eva­luasi pada umumnya para siswa memberikan menam­pilkan kemampuan terbaiknya. Mereka dengan semangat membawakan tari sesuai dengan tingkatannya di an­taranya usia TK/Paud, Seko­lah Dasar dan SMP.

’’Alhamdulillah acara ber­jalan dengan lancar dan sukses berkat kerjasama semua pihak dan atas nama PDU kami ucapkan terima­kasih kepada seluruh orang tua siswa,”ucap dia.

Sementara itu, Penang­gung Jawab PDU Rita Se­tiawati mengatakan, me­skipun berbentuk evaluasi, acara ini memiliki gengsi tersendiri. Bahkan bagi pe­menang evaluasi mendapat penghargaan berupa Piala seperti layaknya lomba.

Dia menyebutkan, untuk juara ke satu kategori TK/PAUD diraih oleh Sabrina, Ke dua Salva, ke tiga Marsya. Sedangkan tingkat Sekolah Dasar juara ke satu diraih oleh Nayla, ke dua Dzilly, ke tiga Raina, dan untuk juara umum Nadia.

’’ Nah disini ada juga juara tingkat SD 4,5 dan6 yang masing-masing diraih oleh Frea, Auliya, Mutiara Bilqis, dan juara umumnya Salsa. sedangkan untuk kategori SMP dan umum juara pertama diraih oleh Dini, ke dua Rosa,ke tiga Resa,’’tutup dia. (a1/yan)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.