Pemerintah Cimahi Selesaikan Perbaikan 385 Rutilahu, namun Masih Ada 1.037 Unit yang Butuh Perhatian

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), saat ini tengah menyelesaikan proses perbaikan terhadap 385 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di RW 12, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara.

Kepala DPKP Kota Cimahi, Endang, menjelaskan bahwa program perbaikan ini didanai oleh APBD Kota Cimahi, ditambah bantuan dari provinsi untuk 100 unit rumah.

“Untuk setiap unit, anggaran yang disediakan sekitar Rp25 juta, dan program ini tersebar di seluruh kelurahan di Kota Cimahi,” ucap Endang saat ditemui di Taman Aruman, Cimahi, Jumat (18/10/24).

BACA JUGA: Pemerintah Belum Bisa Kelola Sampah Industri, Apindo Sumedang Sebut Efek Dominonya Produk Sulit Diekspor ke Eropa

Endang menjelaskan, terdapat tiga aspek utama yang menjadi syarat untuk menerima bantuan Rutilahu.

Pertama, Endang menjelaskan kondisi fisik bangunan harus memenuhi kriteria kelayakan bantuan, yang ditentukan berdasarkan tingkat kerusakan bangunan.

“Kedua, kita juga melihat kondisi penghuni rumah, apakah mereka tergolong masyarakat kurang mampu,” jelas Endang.

BACA JUGA: Perjalanan Putri Santo Aloysius SA Terhenti di Tangan Srikandi Penabur Cirebon

“Syarat ketiga terkait kelengkapan administrasi pertanahan. Ini meliputi status rumah apakah milik pribadi, milik orang lain, atau mengontrak,” tambahnya.

Di RW 12, Pasirkaliki, Endang menambahkan bahwa perbaikan sudah meliputi penguatan struktur bangunan untuk meningkatkan kekokohan.

“Kami tidak ingin rumah yang dihuni berisiko roboh,” kata Endang.

BACA JUGA: Foto Syur Diduga Mirip Abidzar Pamer Alat Kelamin Viral, Ummi Pipik Meminta Abidzar untuk Tetap Sabar

Di samping itu, sejumlah rumah yang sebelumnya hanya memiliki satu lantai kini telah ditingkatkan menjadi dua lantai, memungkinkan penghuni untuk memiliki lebih banyak ruang untuk beraktivitas.

Endang menekankan, selain perbaikan fisik terdapat peningkatan kesehatan penghuni rumah berkat adanya fasilitas yang lebih memadai.

“Kami juga fokus pada aspek kesehatan penghuni, seperti penyediaan jamban sehat, sanitasi, pengolahan limbah domestik, ventilasi, hingga pencahayaan yang memadai,” jelas Endang.

BACA JUGA: 3.000 Pohon Bakal Ditanam Pemkot Bandung di KBU

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, mengatakan program ini ditujukan sebagai dorongan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam mendapatkan hunian yang layak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan