Lulusan Poltekpar NHI Bandung Berikan Kontribusi bagi Perkembangan Pariwisata

BANDUNG – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung mengukuhkan 610 lulusan dari sembilan program studi pada Wisuda ke-61 yang berlangsung di Graha I Gede Ardika, Kampus Poltekpar NHI Bandung, Setiabudi, Kota Bandung, Kamis 26 September 2024.

Mengusung tema “Future-Ready Professionals: Equipped for Tomorrow’s Challenges”, wisuda tahun ini berfokus pada kesiapan para lulusan menghadapi tantangan masa depan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang siap beradaptasi di tengah perubahan global.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, memuji Poltekpar NHI Bandung sebagai institusi pendidikan karena mampu melahirkan tenaga kerja pariwisata berkualitas tinggi.

Angela mengapresiasi komitmen NHI Bandung dalam menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri dan berkontribusi pada pengembangan pariwisata berkelanjutan.

“Saya kira NHI Bandung dari awal sudah menjadi salah satu pelopor, dan terus berinovasi dari sisi pariwisata berkelanjutan. Saya yakin lulusan dari NHI Bandung bisa berkontribusi dengan sangat signifikan terhadap perkembangan sektor pariwisata kita ke depannya,” ungkap Angela.

Ia menambahkan, penyerapan tenaga kerja dari NHI Bandung sejauh ini selalu positif. Para lulusan tidak hanya bekerja di industri pariwisata dalam negeri, tetapi juga di berbagai negara berkat reputasi mereka yang baik.

“Tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri karena memang kualitasnya tidak diragukan, dan sektor kita kan terus berkembang ya,” tuturnya.

Kendati begitu, Angela juga menekankan pentingnya peran para lulusan Poltekpar untuk menjadi agen perubahan, baik sebagai tenaga kerja profesional maupun pengusaha baru di sektor pariwisata.

“Sektor ini masih butuh tenaga kerja yang besar, dan juga tidak hanya itu, kita harapkan para lulusan ini menjadi entrepreneur di sektor pariwisata yang bisa membuka lapangan kerja baru,” kata Angela.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan rasa bangganya karena sebagian besar lulusan telah bekerja. Hal tersebut menjadi bukti lulusan NHI Bandung dibutuhkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita bangga sekali sebagian mereka sudah diterima bekerja. Tentunya wisudawan ini akan mendukung kebutuhan SDM untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Ni Wayan Giri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan