Pekan Kebudayaan Cimahi, Hadapi Tantangan Pelestarian Budaya di Era Modern

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Di tengah derasnya arus modernisasi, pelestarian kebudayaan menjadi tantangan besar bagi Kota Cimahi. Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menekankan bahwa Pekan Kebudayaan Cimahi bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga bentuk nyata kepedulian dalam menjaga agar kebudayaan lokal tetap hidup dan relevan, terutama di kalangan generasi muda.

“Pekan kebudayaan di Kota Cimahi sebagai bentuk kepedulian kita untuk melestarikan kebudayaan, sekaligus menjadikannya terus sebagai tuan rumah, khususnya bagi generasi muda,” ujar Dicky disela kegiatan Pekan Kebudayaan di alun-alun Kota Cimahi, Jumat (13/9/24).

Selain itu, Dicky mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut, seraya menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya tentang pelestarian, tetapi juga tentang memberi ruang bagi para pegiat seni di Cimahi untuk menampilkan karya-karya mereka.

“Kami tidak hanya melestarikan kebudayaan, tetapi juga memberikan ruang ekspresi, ruang presentasi, bagi para pegiat seni agar karya mereka dapat ditampilkan dan memberikan semangat untuk terus berkarya,” tambahnya.

BACA JUGA:Satpol PP Cimahi Siapkan Aturan Pemasangan APK, Fokus pada Perlindungan Pohon Jelang Pilkada 2024

Lebih lanjut, Dicky berharap agar Kota Cimahi semakin dikenal dengan ragam budayanya melalui berbagai event budaya di masa depan.

“Salah satu strategi kita adalah dengan menyelenggarakan event-event, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Ini memberikan semangat baru bagi masyarakat untuk semakin mencintai kotanya dan ikut berbenah agar Cimahi layak tampil di pentas besar,” ungkap Dicky.

Asisten 1 Kota Cimahi, Mardi Santoso menambahkan bahwa pelestarian kebudayaan adalah upaya melindungi warisan budaya dari kemusnahan.

“Permasalahan utama dalam bidang kebudayaan adalah tantangan bagaimana masyarakat sendiri bisa memajukan dan melestarikan budayanya. Gelaran ini adalah wadah untuk mewujudkan apresiasi, ekspresi, dan kreasi seni budaya yang beragam,” ujarnya.

Menurut Mardi, Pekan Kebudayaan ini bukan hanya perayaan, tetapi juga panggilan untuk menjaga kekayaan budaya dan alam Kota Cimahi.

BACA JUGA:Gadis 12 Tahun di Cimahi Jadi Korban Rudapaksa Tetangga, Pelaku Masih Buron

“Pekan Kebudayaan Cimahi tahun ini tidak hanya sekadar perayaan budaya, tetapi juga panggilan untuk menjaga dan merayakan kekayaan budaya serta alam Cimahi,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan