Jumlah DPT Kota Cimahi Diprediksi Bertambah, Ini Faktornya!

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Cimahi diprediksi akan mengalami peningkatan pada pemilu tahun ini, terutama disebabkan oleh bertambahnya pemilih pemula.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Afryand, yang menyebutkan penambahan tersebut dapat mencapai 2 hingga 5 ribu orang.

“Berkaca dari pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih pemula cukup banyak. Di Cimahi sendiri, hampir 2 ribu sampai 5 ribu. Berarti orang yang baru dapat KTP,” ujar Anzhar saat ditemui di SMAN 3 Cimahi, Selasa (6/8).

Selain itu, ia juga menyampaikan, potensi pemilih pemula tahun ini cukup besar. Menurutnya hal ini terlihat dari data potensial yang cukup banyak di Kota Cimahi.

BACA JUGA:Berkas Perkara Telah Dilimpahkan, Harvey Moeis Segera Disidangkan?

Kemudian, Anzhar melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disdukcapil Kota Cimahi untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

“Kita sudah melakukan coklit, rata-rata sudah bercoklit,” katanya.

Dalam prosesnya, Anzhar juga menyebut bahwa KPU mempertimbangkan data anak-anak dalam Kartu Keluarga (KK) yang akan berusia 17 tahun pada bulan Oktober, namun belum memiliki KTP.

“Misalnya, dalam satu Kartu Keluarga (KK) ada anak yang di bulan Oktober dia 17 tahun tapi belum punya KTP. Kita masukan ke data potensial, jadi sudah diakomodir,” jelas Anzhar.

BACA JUGA:Sensor Timer Cabor Panjat Tebing Tak Berfungsi, Olimpiade Paris Tuai Kontroversi Warganet

Sehingga nantinya, setelah mencapai usia 17 tahun, anak-anak tersebut akan difasilitasi oleh Disdukcapil untuk perekaman KTP.

“Nanti ketika sudah usia 17 tahun, di follow up oleh Disdukcapil dibuatkan perekaman KTP,” tambahnya.

Dengan adanya penambahan berdasarkan data terbaru dari Disdukcapil tersebut, Anzhar menyebut jumlah DPT dipastikan akan bertambah dari 416 ribu pada pemilu sebelumnya menjadi sekitar 423 ribu.

Sementara itu, jumlah DPT final akan diumumkan setelah proses penyusunan DPT selesai pada bulan September mendatang.

“Nanti mungkin terlihat jumlah DPT fix-nya saat proses penyusunan DPT di bulan September,” tutup Anzhar. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan