Ada 30.894 Warga Terkonfirmasi Obesitas, Dinkes Kabupaten Bogor Ingatkan Ini

Jabarekspres.com,Bogor – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mencatat ada puluhan ribu warganya yang mengalami penyakit obesitas selama enam bulan terakhir terhitung Januari 2024.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kabupaten Bogor, Adang Mulyana menyampaikan bahwa ada sebanyak 30.894 warga yang terkena penyakit kelebihan berat badan itu.

Adang memaparkan, warga yang terkena penyakit obesitas itu didominasi oleh masyarakat Kabupaten Bogor yang berjenis kelamin perempuan dari umur 15 hingga 59 tahun.

Dari umur 15 hingga 59 itu, 21.430 diantaranya merupakan perempuan, sementara laki-laki berada di angka 6.097 jiwa. Sementara warga berumur 59 ke atas, ada sebanyak 883 orang, sementara untuk warga berjenis kelamin perempuan berjumlah 2484.

Adang mengingatkan kepada warga Kabupaten Bogor agar tidak menganggap remeh penyakit obesitas tersebut. Sebab, kata dia, obesitas bisa membawa penyakit lainnya, hingga dengan penyakit mematikan.

“Bagaiamanapun yang namanya berlebih itu akan beresiko, dari kelebihan berat badan ini menunjukan ada satu resiko apabila berat badannya tidak bisa dikendalikan, bisa Diabetes hipertensi dan lain lain,” ucap Adang, Senin (15/7).

Adang mengimbau agar masyarakat Kabupaten Bogor agar menjaga pola makan dan rajin berolahraga demi menjaga keidealan berat badan.

“Dengan cara berolahraga, menjaga asupan dan pola makan, yang cukup dan bergizi. Semua puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor sudah mempersiapkan bagi masyrakat yang ingin melakukan screening berat badan,” tutup dia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan