Wujudkan PPDB Bersih dan Transparan, Bey Machmudin Minta Seluruh Pihak Komitmen

JABAR EKSPRES  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong komitmen semua pihak untuk mewujudkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 bersih dan transparan.

Hal ini dikukuhkan lewat penandatanganan fakta integritas yang diikuti oleh seluruh operator PPDB, Kepala Sekolah, hingga Plh Kadisdik,

“Saya menyambut baik penandatanganan fakta integritas ini. Apalagi Pak Ade walaupun hanya Plh (Kadisdik Jabar), beliau juga menandatangani. Berarti kalau ada apa-apa (dalam pelaksanaan PPDB), beliau akan dicabut dua-duanya baik sebagai Plh maupun sebagai definitif Kasatpol PP,” ucapnya usai menyaksikan penandatanganan fakta integritas di SMA Negeri 8 Bandung, selasa (28/5).

BACA JUGA: Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Pemkot Bandung Pastikan Nihil Kasus

Sebagai wujud komitmen, Bey mengimbau seluruh pihak termasuk orang tua siswa untuk segera melapor jika menemukan tindak kecurangan selama PPDB berlangsung.

“Silakan kalau ada yang tahu satu kursi berapa juga (tindakan kecurangan PPDB), laporkan langsung kepada kami, dan kami akan langsung tindak tegas, karena kami juga sudah kerjasama dengan Saber Pungli. Jadi kalau ada titip-titipan, kami akan langsung tindak,” ungkapnya.

“Jadi saya menyambut baik (adanya penandatanganan fakta integritas) sampai operator (PPDB), Karena kalau operator itu biasanya hanya sebagai pelaksana, tapi sekarang ikut juga menandatangani fakta integritas,” sambungnya.

Soal persiapan PPDB tahun 2024, Bey menyebut Pemprov Jabar hanya akan melakukan penerima siswa baru melalui aplikasi Sapawarga. Hal dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari tindakan kecurangan atau melalui jalur ilegal.

“Jadi hanya satu (proses pendaftarannya) yaitu melalui Sapawarga. Tidak ada jalur lain, dan jalur tiba-tiba masuk,” ucapnya.

Maka dengan adanya upaya inu, Bey berharap pelaksanaan PPDB tahun ini dapat dilakukan secara bersih, transparan, dan terhindar dari bebagai macam tindakan kecurangan.

“Kalahu ada yang mengetahui, langsung laporkan kepada kami, karena kita ingin PPDB tahun ini (2024) transparan betul,” pungkasnya. (San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan