Usai Bertemu Jokowi, Nadiem Batalkan Kenaikan UKT Tahun Ini

JABAR EKSPRES – Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa pemerintah membatalkan kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) di tahun ini. Hal tersebut disampaikan Nadiem setelah bertemu dengan presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Setelah pertemuannya tersebut, Nadiem menegaskan bahwa Kemendikbud-Ristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan biaya UKT di tahun ini. Lebih lanjut, founder aplikasi ojek online itu menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terkait permintaan peningkatan biaya UKT dari sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN).

Sebelumnya pembahasan tentang kenaikan biaya UKT dibahas Kemendikbudristek dalam rapat kerja (Raker) Komisi X DPR RI, Selasa (21/5/2024). Pada agenda rapat tersebut, Nadiem bersama dengan jajaran Kemendikbudristek lainnya menjelaskan bahwa kebijakan baru tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa baru.

BACA JUGA:Aturan Baru Soal Kenaikan UKT Mahasiswa, Begini Tanggapan Nadiem Makarim

Berita tentang naiknya biaya UKT ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, terutama para mahasiswa dan orang tua yang merasa keberatan dengan kebijakan baru tersebut.

Berdasarkan ramainya tanggapan dari berbagai pihak, Nadiem bersama dengan para pemimpin perguruan tinggi untuk membahas pembatalan kenaikan biaya UKT pada akhir pekan lalu.

Kemudian, Nadiem menemui Presiden Jokowi untuk membahas berbagai hal, termasuk diantaranya perihal biaya UKT. Nadiem menuturkan bahwa setelah pertemuan tersebut, Jokowi menyetujui bahasan terkait pembatalan kenaikan biaya UKT.

BACA JUGA:Beberkan Kesalahpahaman Kenaikan UKT di Rapat Kerja, Nadiem Tegaskan Hal Ini

Menurutnya, keputusan terkait pembatalan UKT ini pun diambil berdasarkan masukan dari berbagai pihak. Selain itu, dirinya juga menyatakan akan melakukan evaluasi ulang terkait permintaan kenaikan biaya UKT dari sejumlah PTN.

“Kami akan mereevaluasi semua permintaan peningkatan UKT dari PTN,” tutur Nadiem kepada awak media, usai memenuhi panggilan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Nadiem berharap tidak ada mahasiswa yang terdampak karena pihaknya telah membatalkan kebijakan kenaikan biaya UKT di tahun ini. Sementara itu, dirinya juga menyatakan untuk rencana kenaikan UKT di masa mendatang harus disesuaikan dengan asas keadilan dan kewajaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan