Penanganan Bencana Longsor, Pemda KBB akan Surati Pj Gubernur Jabar

JABAR EKSPRES – Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB), meminta Pemprov Jawa Barat membantu dalam upaya penanganan bencana longsor yang memutus jalan alternatif Kecamatan Gununghalu, KBB-Cianjur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Ade Zakir menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya bakal segera mengirim surat kepada Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin untuk meminta bantuan perihal anggaran perbaikan jalan secara permanen.

“Hal ini mengingat vitalnya akses jalan tersebut untuk warga sekitar dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu kami akan segera berkirim surat ke Pemprov Jabar,” kata Ade Zakir di Ngamprah, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA: 2 TKW Asal Cileunyi Bandung Masih Terlantar di Dubai dan Irak

Menurutnya, saat ini Pemda Bandung Barat sudah membuka akses jalan sementara untuk warga terdampak longsor, meski jalan tersebut memiliki jarak tempuh cukup jauh.

“Jalan sementara sudah dibuka, namun jaraknya cukup jauh. Ini sifatnya sementara hanya untuk mempermudah aktivitas warga,” katanya.

“Mungkin sekarang (pembukaan jalan longsor) sedang dalam proses pengerasan. Minimal (akses jalan) bisa terhubung dahulu, kemarin seharusnya jangan dulu di buka. Harapan kami (jalan) di keraskan dulu baru (kendaraan) bisa lewat. Itu pun kalau hujan saya tidak rekomendasikan,” sambungnya.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Dukung Penuh Pengembangan Produk Olahan Empon-Empon di Lombok

Ia menambahkan, untuk mempercepat proses pembangunan permanen jalan longsor itu Pemda Kabupaten Bandung Barat telah bersurat dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) agar segera dibuat kajian.

“Kami masih mengirim surat ke Geologi. Kemarin warga terdampak juga menanyakan mereka itu aman di sana? Sudah ada kesadaran ke sana jadi masyarakat juga menunggu hasilnya,” katanya.

“Jadi BPBD Kabupaten Bandung Barat saat ini sedang komunikasi dengan Geologi. Kami harus petakan dulu karena posisi jalan dengan rumah yang terdampak longsor agak jauh juga posisinya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Komisi III Minta DLH Tuntaskan Permasalahan dan Kesejahteraan Petugas Sampah di Kota Bogor

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin sudah meninjau lokasi longsor di Kampung Tugu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, pada Rabu 15 Mei 2024 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan