Staf Ahli Gubernur Jabar Ini Siap Pulkam untuk Jadi Pj Wali Kota Banjar

BANJAR, JABAR EKSPRES – Nama Engkus Sutisna mendadak ramai diperbincangkan di tataran pejabat dan masyarakat Kota Banjar. Pasalnya, staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik di Pemprov Jabar ini masuk bursa calon Penjabat (Pj) Wali Kota Banjar.

Engkus Sutisna digadang-gadang menjadi calon kuat Pj Wali Kota Banjar menggantikan tampuk kepemimpinan Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana yang habis masa periodenya 4 Desember 2023 mendatang. Nama Engkus disebut-sebut cocok menjadi Pj Wali Kota Banjar lantaran pituin Banjar.

Mantan Plt Kadisdukcapil Provinsi Jabar ini sendiri pernah mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga jenjang SMA di Kota Banjar dan Cisaga, Kabupaten Ciamis (kecamatan di perbatasan Banjar-Ciamis).

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon oleh Jabar Ekspres pada Rabu, 25 Oktober 2023, sebagai ASN di Pemprov, Engkus Sutisna mengaku siap mengemban tugas menjadi Pj Wali Kota Banjar.

BACA JUGA: Nama Daerah di Jawa Barat Ini ‘Nyeleneh’, Tapi Emang Asli Ada Lho!

“Ini berupa usulan dari DPRD Banjar, Alhamdulillah rasa syukur saya panjatkan kehadirat Alloh SWT, ada kepercayaan untuk saya diusulkan sebagai calon Pj Wali Kota Banjar. Sebagai ASN, kita harus siap ditugaskan dimana saja, apabila saya ditetapkan oleh Mendagri nanti, saya siap,” kata Engkus Sutisna kepada Jabar Ekspres.

Menurut dia, pada hakikatnya Pj wali kota atau bupati ini merupakan penugasan terhadap ASN, sehingga dimana pun harus siap menjalankan tugas.

“Pada dasarnya nanti kita akan menunggu penunjukkan dari Presiden melalui Mendagri. Karena selain saya kan ada nama lain yang diusulkan, dari pejabat Pemkot Banjar sendiri dan dari pemerintah pusat,” kata dia.

Saat ditanya kesiapan Pj menghadapi tahun politik, Engkus Sutisna mengaku siap mendukung pesta demokrasi di Kota Banjar yang jurdil, aman, langsung, umum, bebas, dan rahasia.

“Kita punya kewajiban termasuk sebagai warga negara apalagi kalau kita punya jabatan terkait. Soal netralitas ASN, saya sudah tanda tangan fakta integritas di Pemprov untuk netral,” katanya.

BACA JUGA: Kenapa Dinamakan Kota Banjar? Ini Sejarahnya!

Engkus Sutisna lahir di Cikabuyutan, Kota Banjar (kala itu masih menjadi bagian Kabupaten Ciamis) pada 8 Oktober 1964. Pada tahun 2000 ia bertugas di Kabupaten Bogor sebagai Sekpri Bupati Bogor. Tahun 2011 ia masuk ke BNP Jabar. Kemudian, menjabat sebagai Kadispora Provinsi Jabar tahun 2019. Mulai tahun 2022 ia diangkat menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan