Tips Berbisnis Dalam Islam yang Dijaminan Tidak Akan Pernah Rugi

JABAR EKSPRES – Melakukan bisnis, usaha, jual beli atau dalam islam disebut muamalah ternyata harus memiliki ilmunya yang tepat agar sukses dan menghasilkan keuntungan. Ada bebeberapa tips menjalankan berbisnis dalam islam yang mendapat jaminan tidak akan merugi.

Hal ini karena dalam menjalankan bisnis, seseorang juga melakukan ibadah lain yang membuat bisnisnya atau usahanya menjadi semakin berkah dan memberikan manfaat untuk orang banyak.

Sehingga doa-doa terus mengalir untuk keberkahan usahanya, sehingga Allah juga menjamin tidak akan sampai rugi, bahkan akan terus sukses sesuai dengan amalan yang terus dilakukannya.

Namun masih banyak juga pengusaha yang orientasinya hanya untuk mengumpulkan kekayaan dan sukses, tanpa memperhatikan orang-orang disekitarnya.

Baca juga : Tanpa Riba! Berikut Daftar Pinjaman Online Syariah Resmi OJK

Menurut Ustadz M. Nashihuddin dari Pimpinan Muhammadiyah Jakarta menyebutkan, bisnis atau perdagangan mendapat jaminan tidak akan rugi bila dilakukan dengan iman, penuh tanggungjawab, jujur dan terbebas dari unsur riba.

Ada juga prinspip perdagangan yang memilih mendapatkan untung kecil asalkan berkah daripada untung besar tapi merugikan orang lain.

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَا رَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَا بٍ اَلِيْمٍ

“Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?”

تُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَ مْوَا لِكُمْ وَاَ نْفُسِكُمْ ۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui,”(QS. As-Saff 61: Ayat 10-11)

Dalam berbisnis seorang Muslim tetap harus selalu berpedoman pada Alquran dan Alhadits agar selamat dari azab api neraka.

Kejujuran yang dilakukan Rasulullah saw adalah contoh dan bukti nyata bahwa keuntungan dunia bukanlah semata mata tujuan utama dalam berbisnis, tetapi ada nilai nilai kebaikan dan keshalehan yang untuk mencari ridho Allah swt.

Untuk mendapatkan keuntungan di dunia fana dan kebaikan di akhirat nanti, mari berbisnis yang sesuai syar’i sebagaimana ayat ayat dan hadits berikut ini

1. Jauhi Riba

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰۤوا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman.”(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 278)

Tinggalkan Balasan