13 Dampak Trust Issue yang Bisa Mengganggu Perilaku dan Hubungan Seseorang

JABAR EKSPRES – Istilah trust issue mungkin sudah sering didengar belakangan ini. Trust Issue merupakan masalah tentang krisis kepercayaan, baik kepada orang lain, terhadap sesuatu atau bahkan kepada diri sendiri yang bisa memiliki dampak serius.

Banyak yang tidak memahami bahwa trust issue bisa menjadi masalah serius yang akan berpengaruh pada perilaku seseorang juga pada hubungannya dengan orang lain.

Bila tidak segera ditangani, seringkali terkait dengan depresi, gangguan kecemasan, sulit menghadapi tekanan, hingga trauma.

Beberapa ahli mengungkap, trust issue bisa merujuk pada ketidakmampuan seseorang untuk bisa kembali mempercayai orang lain atau situasi tertentu.

Baca juga : Jangan Dibiasakan! Ternyata Begadang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental!

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya penghianatan, konflik, penolakan sosial, pengalaman pahit masa lalu dan gaya keintiman.

Dampak trust issues bisa bervariasi dari individu ke individu, tetapi beberapa ciri umum diantaranya :

1. Sulit Mempercayai Orang Lain

Orang dengan trust issues cenderung sulit untuk mempercayai orang lain, bahkan jika orang tersebut tidak memberikan alasan untuk tidak dipercayai. Mereka cenderung skeptis terhadap niat orang lain.

2. Was-was Berlebihan

Individu dengan trust issues sering merasa sangat was-was dan cemas terkait motif dan niat orang lain. Mereka dapat terlalu analitis dalam memeriksa tindakan dan kata-kata orang lain.

3. Perasaan Vulnerabilitas yang Tinggi

Orang dengan trust issues seringkali merasa rentan dan takut akan terluka atau dikhianati. Mereka mungkin merasa bahwa mempercayai orang lain adalah hal yang berbahaya.

4. Menghindari Hubungan Dekat

Trust issues dapat membuat seseorang menghindari atau sulit membentuk hubungan yang mendalam dan intim dengan orang lain. Mereka mungkin takut terlalu dekat dengan seseorang karena takut akan dikhianati atau disakiti.

5. Memiliki Pengalaman Traumatis

Trust issues seringkali berkaitan dengan pengalaman traumatis di masa lalu, seperti pengkhianatan dalam hubungan sebelumnya. Pengalaman seperti itu bisa mengakar dalam pikiran dan emosi seseorang.

6. Kurangnya Percaya Diri

Ketidakpercayaan kepada orang lain juga bisa terkait dengan kurangnya percaya diri dalam diri sendiri. Orang dengan trust issues mungkin merasa tidak layak atau tidak cukup baik sehingga sulit untuk mempercayai bahwa orang lain bisa peduli pada mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan