Mengenali Lima Bahasa Tubuh yang Menggambarkan Emosi Lawan Bicara

JABAR EKSPRES – Ketika sedang melakukan percakapan dengan seseorang kita harus bisa menangkap emosi lawan bicara. Salah satunya dengan membaca bahasa tubuhnya. Karena ternayata sebanyak 93% pesan komunikasi berasal dari bahasa tubuh yang bisa menggambarkan emosi seseorang.

Itulah alasan kenapa membaca bahasa tubuh seseorang menjadi faktor penting dalam berkomunikasi. Karena bahasa tubuh bisa menjadi media untuk mengetahui apakah percakapan menarik untuk didengarkan atau tidak.

Hanya dengan gerakan bahasa tubuh, tanpa harus mendengarkan perkataannya, kita juga sudah bisa mengetahui kondisi emosional lawan bicara kita.

Terkadang sesuatu yang dikatakan tidak selamanya sesuai dengan hati yang dimaksud lawan bicara, namun bahasa tubuh justru lebih nyata dan tulus mengungkapkan emosional seseorang.

Baca juga : Trik Psikologi Untuk Mengetahui Perasaan Crush Terhadapmu

 

Berikut lima bahasa tubuh yang bisa kita baca atau kenali pada lawan bicara yang bisa menggambarkan emosinya dilansir dari unggahan Psikologid:

1. Posisi kepala

Secara umum beberapa grakan kepala juga sering kita temui dalam berbagai pertemuan dan percakapan. Dan sekali lagi harus kita pahami, gerakan ini juga merupakan isyarat yang perlu kita kenali:

– Memiringkan kepala

Gerakan tidak langsung bahwa ia sedang memperhatikan apa yang sedang kita ucapkan. Gerakan ini adalah bentuk koneksi atau kenyamanan ketika bicara

– Gerakan Tertunduk

Gerakan yang menunjukkan rasa bersalah atau malu, atau bisa juga menunjukkan perasaan tidak nyaman akan sesuatu

– Menaikkan Kepala

Gerakan ini menunjukkan respon kebanggan diri bisa juga sebagai respon mendominasi.

2. Senyuman

Senyuman tidak sesederhana yang terlihat, karena senyuman memiliki banyak arti dan makna. Tidak semua senyuman berarti kesukaan dan kebahagiaan, sama seperti air mata yang tidak selalu bentuk dari kesedihan.

– Fake smile (senyuman palsu) adalah senyuman yang dibuat-buat yang muncul padahal sebenarnya kita tidak merasa bahagia

– Masking smile (senyuman sosial) adalah senyuman yang dilakukan untuk memanipulasi terkait dengan sebuah tujuan sosial.

– Contempt ( mengejek) senyum yang muncul yang bermakna merendahkan sesuatu atau seseorang.

– Real Smile (senyum nyata) senyum yang muncul ketika kita sedang menyukai sesuatu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan